Atasi Stunting, Pj Bupati Konawe Salurkan Bantuan Playing Kids

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 05 Februari 2024
0 dilihat
Atasi Stunting, Pj Bupati Konawe Salurkan Bantuan Playing Kids
Pj Bupati Konawe saat menyerahkan SK Kampung Berkualitas (KB) kepada seluruh kades dan Lurah se-Kecamatan Padangguni. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Dalam mengentaskan angka stunting, Pemda Konawe salurkan bantuan playing kids untuk dua desa di Kecamatan Padangguni "

KONAWE, TELISIK.ID - Dalam mengentaskan angka stunting, Pemda Konawe salurkan bantuan playing kids untuk dua desa di Kecamatan Padangguni, Senin (5/2/2024).

Penyaluran bantuan Playing kids ini berada Desa Matahori dan Desa Sambaosu yang dirangkaian dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) Kampung Berkualitas (KB) kepada seluruh kades dan lurah se- Kecamatan Padangguni.

Kepala BKKBN Kabupaten Konawe, Tam Sati Sam mengatakan, playing kids ini merupakan alat permainan untuk mengasah otak anak supaya terhindar dari stunting dan meningkatkan kecerdasan.

Baca Juga: Pj Bupati Konawe Beberkan Anggaran Pembangunan 2024 di Kecamatan Onembute Capai Rp 1,9 Miliar

"Jadi dengan adanya permainan ini tumbuh kembang anak jadi semakin bagus," jelasnya.

Ia menjelaskan, penyerahan playing kids tersebut berdasarkan lokus dalam menggenjot penurunan angka stunting yang ada di Kabupaten Konawe.

Pada kesempatan ini pula, Penjabat Bupati Konawe juga menyerahkan bantuan beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) secara simbolis kepada 1140 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) se- Kecamatan Padangguni.

Sementara itu, Penjabat Bupati Konawe, Harmin Ramba menjelaskan, SK Kampung Berkualitas ini merupakan program pemerintah pusat. Dimana pembentukan kampung berkualitas ini dalam rangka percepatan penurunan stunting di masing – masing desa dan kelurahan.

Harmin Ramba menambahkan ,selain pembentukan kampung berkualitas (KB) bantuan beras CPP yang diberikan kepada 1140 KPM dengan sejumlah 11400 kilogram atau 11,4 ton beras dapat menurunkan angka kemiskinan ekstreme dan stunting yang ada.

Baca Juga: Pj Bupati Konawe Janjikan Pembayaran Ganti Rugi Lahan APL Desa Tamesandi Segera Dibayarkan

Selain itu, Harmin Ramba juga mengatakan, untuk mengatasi permasalah jaringan yang ada di Kecamatan Padangguni tahun 2024 ini pihak Pemda sebelumnya telah merencanakan pembangunan BTS.

"Untuk pembangunan BTS itu ada di beberapa daerah yang sudah saya teropong seperti Kecamatan Padangguni, Latoma, Asinua, dan Routa dan tahun ini sudah segera di bangun BTS," jelasnya.

Untuk diketahui, saat ini angka stunting turun menjadi 4,7 persen. Sementara Inflasi berada di posisi 2,29 persen yang sebelumnya berada di angka 2,8 persen. Begitu juga dengan Kemiskinan Ekstrem turun dari 12 persen menjadi 6 persen. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga