adplus-dvertising

Harumkan Nama Indonesia, Begini Penampakan Sirkuit Mandalika di Lombok

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 21 November 2021
656 dilihat
Harumkan Nama Indonesia, Begini Penampakan Sirkuit Mandalika di Lombok
Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Foto: Repro Instagram/@sirkuitmandalika

" Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggra Barat (NTB) menjadi perhatian publik. Pasalnya, keberadaan sirkuit ini bakal mendongkrak sektor pariwisata "

JAKARTA, TELISIK.ID - Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggra Barat (NTB) menjadi perhatian publik. Pasalnya, keberadaan sirkuit ini bakal mendongkrak sektor pariwisata.

Kini Sirkuit Mandalika menggelar World Superbike (WSBK) sejak 19 November hingga Minggu (21/11/2021).

Mengutip okezone.com, pembangunan Jalan Bypass BIL– Mandalika saat ini terdiri dari 3 paket pekerjaan dengan anggaran bersumber dari APBN Tahun 2020-2021 sebesar Rp 705 miliar.


Paket 1 sepanjang 4,30 km dengan kontraktor PT Nindya Karya- PT Bumi Agung (KSO) dengan anggaran sebesar Rp 199 miliar.

Baca Juga: Jokowi Warning AS dan Inggris, Negara Besar Jangan Hanya Bicara

Kemudian Paket 2 sepanjang 9,70 km, kontraktornya PT Adhi Karya - PT Metro Lestari Utama (KSO) dengan anggaran senilai Rp 353 miliar.

Selanjutnya untuk Paket 3 sepanjang 3,36 km, kontraktornya oleh PT Yasa Patria Perkasa dengan anggaran senilai Rp 152 miliar.

Keberadaan jalan bypass tersebut akan mengurangi waktu tempuh dari Bandara Internasional Lombok menuju kawasan Mandalika dari yang semula 45 menit menjadi 15 menit dengan jumlah lajur dari semula 2 kini menjadi 4 lajur.

Saat ini jalan tersebut juga telah menjadi salah satu spot swafoto warga yang melintas, karena merupakan salah satu ikon baru di kawasan Mandalika.

Sirkuit Mandalika ini banyak diperbincangkan berbagai kalangan, termasuk Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Kereen! World Superbike (WBSK) musim 2021 tengah berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat," kata Sri Mulyani dalam akun Instagram pribadinya, Jakarta.

Menurut Sri Mulyani, Sirkuit Mandalika telah mengharumkan nama Indonesia sebagai salah satu sirkuit tuan rumah event internasional.

Baca Juga: Usul Penegak Hukum Tak Boleh di-OTT, Ghufron: KPK Hadir Sidik Aparat

"Sebagai warga negara Indonesia, saya sangat bangga. Bagaimana dengan kamu?" tanya Sri Mulyani.

Sri Mulyani menambahkan, sirkuit yang bagus tersebut tentu memerlukan fasilitas pendukung yang bagus juga. Disitulah pemerintah hadir untuk membangun Jalan Bypass BIL-Mandalika sepanjang 17,3 km.

"Di situlah pemerintah hadir untuk membangun Jalan Bypass BIL-Mandalika sepanjang 17,3 km. total Rp 705 miliar #UangKita termasuk dari pajak yang anda bayarkan dalam APBN untuk memudahkan dan mempercepat akses dari Bandara Internasional Lombok ke Sirkuit Mandalika," katanya.

Semoga keberadaan Sirkuit Mandalika mendongkrak sektor pariwisata semakin maju, masyarakat sekitar juga merasakan manfaatnya. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga