Hasil Swab Dipertanyakan, Rajiun Disarankan Tes Ulang

Musdar, telisik indonesia
Selasa, 08 September 2020
0 dilihat
Hasil Swab Dipertanyakan, Rajiun Disarankan Tes Ulang
Wakil Ketua DPW PAN Sultra, Abidin Ramli bersama LM Rajiun Tumada. Foto: Ist.

" Namun saya berharap seluruh pihak bisa menahan diri untuk tidak terjebak dalam membuat berita, karena itu juga ada ketentuan terkait data pasien. "

KENDARI, TELISIK.ID - Nama LM Rajiun Tumada kini masih menjadi topik pembicaraan lantaran hasil pemeriksaan swab pencalonannya di Pilkada Muna menuai kontroversi.

Hasil swab Rajiun yang disebut positif diragukan kebenarannya bahkan dicurigai ada permainan di baliknya.

Menanggapi itu, Wakil Ketua DPW PAN Sultra, Abidin Ramli sebagai orang yang selalu bersama Rajiun mengaku tidak yakin hasil pemeriksaan swab Rajiun positif COVID-19.

"Karena terbukti hasil rapid tes yang saya lakukan pasca berita Rajiun terpapar hasilnya non-reaktif," ujarnya, Selasa (8/9/2020).

Ramli mengungkapkan, pada 29-31 Agustus 2020, ia bersama Rajiun di Kendari hingga 4 September 2020, ia ikut mendampingi saat deklarasi Rajiun-La Pili (RAPI) di Kabupaten Muna.

Diceritakan, saat bersama di Kendari, hampir tidak ada jarak ke duanya sebagaimana yang diterapkan protokol COVID-19 yakni 1,5 meter satu dengan yang lain.

"Waktu penyerahan SK rekomendasi PAN di Kendari, kita cerita, makan bersama bahkan cipika-cipiki dan pelukan. Tidak ada jarak kita," terangnya.

Kendati begitu, agar informasi tidak menjadi bias, Ramli menyarankan sebaiknya Rajiun melakukan swab tes ulang agar masyarakat tidak menjadi resah.

Baca juga: Tak Disediakan Kursi Tunggu, Pembesuk Duduk Melantai

"Namun saya berharap seluruh pihak bisa menahan diri untuk tidak terjebak dalam membuat berita, karena itu juga ada ketentuan terkait data pasien," tutupnya.

Sementara, bakal calon wakil Rajiun di Pilkada Muna, La Pili menilai, hasil swab yang disebut milik Rajiun dianggap tidak lazim, sebab yang bersangkutan (Rajiun) sendiri belum menerimanya (hasil swab).

Ditambah, sebagai orang yang selalu bersama Rajiun, La Pili mengaku keadaannya sehat, begitu pula hasil pemeriksaan swab-nya saat pendaftaran di KPU hasilnya negatif.

"Kesehatan diriku sehat-sehat dan negatif (swab)," kata La Pili.

Kemudian berdasarkan informasi, Komando Barisan Relawan Terpadu (Kobaret) pasangan RAPI, Muharam menegaskan, Rajiun dalam kondisi sehat wal afiat. Sejak informasi positif COVID-19, Rajiun justru melakukan aktivitas seperti yang dilakukan setiap hari.

Pada Minggu pagi (6/9/2020), Rajiun merapikan tanaman di perkebunannya. Lalu, pada Senin (7/9/2020), sebelum dan sesudah menjalankan aktivitas sebagai Bupati Mubar di kantor, ia berolahraga guna menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

"Jadi tidak benar itu. Pak Rajiun sehat dan tetap menjalankan tugas di kantor," kata Muharam.

Reporter: Musdar

Editor: Kardin

Baca Juga