Hidung Gatal Akibat Rhinitis Alergi? Ini 3 Cara Pengobatannya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 16 Juli 2022
0 dilihat
Hidung Gatal Akibat Rhinitis Alergi? Ini 3 Cara Pengobatannya
Hidung gatal salah satunya disebabkan karena rhinitis alergi. Foto: Repro keluarga.my

" Rhinitis alergi adalah sekelompok gejala yang mempengaruhi hidung ketika menghirup sesuatu yang bersifat alergen, seperti debu, bulu binatang, atau serbuk sari "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu gejala yang ditimbulkan oleh rhinitis alergi adalah hidung gatal. Namun bukan berarti setiap hidung gatal selalu mengindikasikan bahwa Anda mengalami rhinitis alergi.

Selain rhinitis alergi, adanya benda asing yang tidak sengaja masuk ke hidung juga sering menimbulkan hidung gatal dan rasa tidak nyaman di hidung.

Dikutip dari halodoc.com, rhinitis alergi adalah sekelompok gejala yang mempengaruhi hidung. Gejala-gejala ini terjadi ketika menghirup sesuatu yang bersifat alergen, seperti debu, bulu binatang, atau serbuk sari.

Alergi juga bisa terjadi akibat konsumsi makanan tertentu. Bagi sebagian besar orang, kondisi ini mudah diatasi dengan obat-obatan. 

Pengobatan utama untuk mengatasi hidung gatal akibat rhinitis alergi adalah dengan menjauhi faktor pemicunya. Misalnya, jika rhinitis alergi disebabkan oleh debu, maka hindari tempat-tempat yang berdebu.

Baca Juga: Cara Sembuhkan Pilek dan Flu Pakai Bawang Putih

Bersihkan juga rumah dari debu, tungau, bulu hewan, atau jamur yang bisa memicu hidung gatal akibat rhinitis alergi, tetapi tentunya dengan mengenakan masker.

Melansir alodokter.com, penanganan berikut juga bisa dilakukan untuk meringankan hidung gatal akibat rhinitis alergi:

1. Irigasi hidung

Anda bisa meringankan hidung gatal akibat rhinitis alergi dengan irigasi hidung (nasal irrigation). Cara ini dilakukan untuk membersihkan rongga hidung Anda dari zat-zat penyebab alergi atau iritasi.

2. Obat antihistamin dan dekongestan

Selain dengan irigasi hidung, hidung gatal akibat rhinitis alergi juga bisa diredakan dengan obat-obatan yang mengandung antihistamin dan dekongestan. Namun, penggunaan kedua obat ini harus sesuai dengan resep dokter.

Baca Juga: Jangan Simpan Telur di Rak pada Pintu Kulkas, Ini Alasannya

3. Imunoterapi

Hidung gatal akibat rhinitis alergi juga bisa diatasi dengan terapi khusus, yaitu imunoterapi. Terapi ini dilakukan dengan cara menyuntikkan alergen ke kulit Anda dalam jangka waktu dan dosis tertentu.

Tujuan terapi ini adalah untuk menurunkan sensitivitas sistem imun tubuh terhadap alergen tersebut. Selain dengan penyuntikan alergen, imunoterapi bisa dilakukan dengan berbagai cara lain yang akan disesuaikan dengan kondisi Anda. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga