Jangan Simpan Telur di Rak pada Pintu Kulkas, Ini Alasannya

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Selasa, 12 Juli 2022
0 dilihat
Jangan Simpan Telur di Rak pada Pintu Kulkas, Ini Alasannya
Menyimpan telur di rak khusus penyimpanan telur di kulkas, rupanya tidak disarankan. Namun, jika Anda memutuskan untuk menaruh telur di kulkas, maka taruhlah di bagian dalam lemari es. Foto: Repro Indozone.id

" Sebagian besar orang mempunyai kebiasaan menyimpan telur di dalam kulkas. Tak terkecuali masyarakat Indonesia "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagian besar orang mempunyai kebiasaan menyimpan telur di dalam kulkas. Tak terkecuali masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan pada kulkas memang terdapat rak khusus untuk penyimpanan telur.

Namun, rupanya ada beberapa sumber yang memperdebatkan hal tersebut. Contohnya di Amerika dan Inggris, kedua hal ini menjadi perdebatan.

Orang Amerika umumnya cenderung menyimpan telur di rak khusus untuk menyimpan telur di kulkas, guna meningkatkan umur simpan dan mencegah kontaminasi bakteri. Sedangkan di Inggris, sebagian besar masyarakatnya justru anti menyimpannya di lemari pendingin.

Hal ini dikarenakan Salmonella National Control Program (NCP) di Inggris, mencegah operator pemasok telur dan produsen memasarkan telur yang terinfeksi bakteri atau yang memiliki status kesehatan yang tidak diuji menurut standar NCP.

Standar yang sama berlaku di banyak negara di Eropa. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan perbedaan paham dalam menyimpan telur.

Lantas manakah yang lebih baik? Menyimpan telur di kulkas atau di ruangan terbuka?

Mengutip dari Kompas.com, menyimpan telur di rak pintu kulkas ternyata tidak disarankan. Bahkan, dikatakan ada bahaya yang mengintai di balik kebiasaan ini.

Chris Beasley dari Smart Cover, sebuah perusahaan asuransi rumah, tidak menampik bahwa kehadiran rak telur di pintu kulkas dapat membuat orang-orang tergoda untuk menaruh telur di sana. Akan tetapi, rak telur adalah tempat terburuk untuk menyimpan telur.

Baca Juga: Sangat Mudah Ditemukan di Sekitar Kita, Ini 4 Obat Alami Asam Urat

“Telur disimpan paling baik pada suhu yang konsisten. Inilah mengapa mereka sebaiknya ditaruh di rak atas atau rak tengah kulkas,” jelas Beasley kepada The Sun.

Bagi yang sering menyimpan telur di rak pintu kulkas, hal ini mungkin mengejutkan. Namun, posisinya yang buruk cukup masuk akal.

Sebab, rak pintu kulkas adalah salah satu bagian terhangat dari kulkas. Pintu yang terus dibuka dan ditutup membuat produk apa pun yang disimpan di rak selalu mengalami perubahan suhu.

Oleh karena itu, jika Anda memutuskan untuk menaruh telur di kulkas, maka Anda perlu menaruhnya di bagian dalam lemari es di mana suhunya jauh lebih stabil.

Sebagaimana dilansir dari Hellosehat.com, cara terbaik untuk menjaga telur tetap segar dan tahan lama ialah dengan menyimpannya sesegera mungkin ke kulkas setelah dibeli.

Anda diwajibkan untuk menyimpannya lengkap dengan karton bawaan saat membelinya. Sebab karton dapat mengurangi kehilangan air di dalam telur dan melindungi rasa telur itu sendiri dari aroma makanan lain yang mungkin terserap ke dalam telur.

Baca Juga: Resep Enak dan Sehat ala dr. Zaidul Akbar, Rontokkan Lemak Akibat Makan Daging

Selain itu, menyimpan telur di rak penyimpanan khusus telur sangat tidak disarankan karena menyebabkan telur lebih berisiko mengalami kerusakan.

Menurut American Egg Board, telur yang disimpan dalam karton yang dimasukkan ke kulkas akan terjaga kualitasnya hingga empat sampai lima minggu.(C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga