Hindari 4 Jenis Makanan Ini Saat Malam Hari Agar Tidur Lebih Nyenyak

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 03 Agustus 2022
0 dilihat
Hindari 4 Jenis Makanan Ini Saat Malam Hari Agar Tidur Lebih Nyenyak
Sejumlah makanan tertentu harus dihindari saat malam hari agar bisa nyenyak tidur. Foto: Repro ootb.id

" Malam menjadi waktu untuk istirahat. Maka tidur nyenyak sangat dibutuhkan agar bada bisa kembali bugar saat pagi hari "

KENDARI, TELISIK.ID - Malam menjadi waktu untuk istirahat. Maka tidur nyenyak sangat dibutuhkan agar bada bisa kembali bugar saat pagi hari.

Untuk bisa mengalami tidur yang nyenyak, tidak bisa terjadi begitu saja. Namun diperlukan usaha, salah satunya dengan menjaga makanan yang hendak dimakan saat malam hari.

Dikutip dari hellosehat.com, banyak orang yang menghindari makan malam karena dinilai sebagai pemicu kenaikan berat badan mendadak. Padahal, makan malam ternyata juga punya manfaat yang penting bagi tubuh, diantaranya sebagai asupan energi, membantu menurunkan kadar gula darah di pagi hari, dan sebagainya.

Hanya saja tidak semua makanan yang dimakan saat malam hari bisa membantu tidur nyenyak. Padahal, kita sangat membutuhkan tidur yang nyenyak agar esok hari bisa kembali segar.

Melansir liputan6.com, berikut beberapa jenis makanan yang harus dihindari agar kita tidak sulit tidur nyenyak saat malam hari:

1. Fast Food atau makanan tinggi lemak

Makanan tinggi lemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dari makanan lain. Proses metabolisme yang bekerja saat tubuh istirahat otomatis akan kewalahan mengatasinya.

Baca Juga: Hinole Makanan Tradisional Khas Masyarakat Tolaki Kolaka Utara

Fast food itu menambah timbunan lemak dalam tubuh dan bertambahnya bobot tubuh tidak bisa dihindari. Dalam kebanyakan kasus, makan-makanan tinggi lemak pada malam hari dapat menyebabkan perut kembung yang berdampak pada gangguan tidur.

2. Makanan tinggi gula

Penggila makanan manis sedih kalau tahu ini. Tapi mengonsumsi makanan manis dan bertepung pada waktu makan malam, ternyata langsung meningkatkan kadar glukosa darah yang menyebabkan ketidak seimbangan insulin. 

Hal ini sangat buruk bagi pengidap diabetes. Hal buruk lainnya adalah bertambahnya berat badan yang sangat cepat. Gangguan tersebut bisa jadi membuatmu sulit tidur nyenyak di malam hari.

3. Makanan pedas

Makanan pedas bermanfaat untuk membangkitkan suasana hati jadi lebih menyenangkan. Tapi makanan pedas juga dapat menyebabkan masalah lambung, perut mulas, dan naiknya asam lambung.

Jika gangguan muncul pada malam hari di waktu Anda tidur, tinggi refluks asam bisa membuat Anda sulit bernapas dan sensasi tidak nyaman pada perut. Reaksi ini pula yang jadi alasan mengapa Anda sering kali sulit tidur nyenyak.

4. Makanan tinggi protein

Ada baiknya tubuh mendapat asupan makanan tinggi protein, karna golongan makanan tersebut mampu memperbaiki jaringan sel yang rusak serta membangun sel dan jaringan tubuh baru.

Baca Juga: 11 Makanan Khas Sulawesi Tenggara yang Patut Kamu Coba

Tapi jangan coba makan-makanan tinggi protein pada malam hari ya, sebab daging juga sulit untuk dicerna oleh tubuh. 

Biasanya orang yang makan-makanan tinggi protein di waktu malam akan merasakan kembung dan tidur jadi tidak nyenyak. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga