Catat, Ini 4 Menu Makan Malam Diet yang Enak dan Mudah Dibuat

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 01 November 2022
0 dilihat
Catat, Ini 4 Menu Makan Malam Diet yang Enak dan Mudah Dibuat
Menurunkan berat badan agar bisa diet dapat dilakukan dengan mengatur dan memilih menu saat makan malam. Foto: Repro google.com

" Memiliki berat badan ideal menjadi keinginan hampir setiap orang. Berbagai cara pun dilakukan untuk mewujudkan impian itu, salah satunya dengan mengatur menu makan "

KENDARI, TELISIK.ID - Memiliki berat badan ideal menjadi keinginan hampir setiap orang. Berbagai cara pun dilakukan untuk mewujudkan impian itu, salah satunya dengan mengatur menu makan.

Dikutip dari halodoc.com, untuk menurunkan berat badan agar bisa diet pada dasarnya adalah pola makan, yang cara dan jenis makanannya diatur. Tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selain itu, diet juga bertujuan untuk mencapai atau menjaga berat badan yang terkontrol.

Salah satu anjuran untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengatur pola makan, termasuk memilih menu saat mau makan malam.

Baca Juga: Donat Unik Dan Aneh di Dunia dari Campuran Hati Angsa hingga Donat Hantu

Melansir cnnindonesia.com, berikut ini pilihan menu makan malam untuk menurunkan berat badan yang sehat dan mudah dibuat:

1. Dada ayam panggang

Protein punya banyak peran penting dalam tubuh, termasuk salah satunya meningkatkan rasa kenyang. Konsumsi dada ayam panggang membantu Anda menghindari ngemil berlebih setelahnya.

Dada ayam panggang bisa jadi pilihan tepat untuk menu makan malam diet. Namun, pilih daging dada ayam tanpa kulit. Hindari asupan kulit ayam yang mengandung lemak.

Mengutip Eating Well, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition menemukan bahwa menambahkan menu protein tanpa lemak ke dalam makanan dapat membantu mengurangi berat badan.

Selain itu, mengolah dada ayam panggang juga terbilang mudah. Anda hanya perlu memarinasi daging terlebih dahulu dan diamkan minimal 45 menit di dalam kulkas, lalu panggang hingga dirasa matang.

2. Salad sayur

Salad jadi menu bebas lemak dan rendah kalori yang bisa Anda jadikan santapan malam. Salad bisa membuat Anda kenyang tanpa perlu menambahkan lemak ekstra.

Sebagaimana diketahui, sayur-sayuran merupakan sumber serat terbaik. Serat dapat memperlambat pencernaan dan membantu Anda tetap kenyang lebih lama.

Tak perlu sulit membuat salad, Anda hanya bisa menambahkan beberapa sayuran ke dalam satu mangkuk. Lalu, siram sayuran dengan dressing. Pilih minyak zaitun sebagai dressing terbaik.

Jika ingin menambahkan protein di dalamnya, Anda bisa memasukkan potongan dada ayam panggang atau telur rebus ke dalam semangkuk salad.

3. Sup bening

Bukan rahasia lagi, sup adalah makanan rendah kalori. Perpaduan sayur yang ada di dalamnya menjadi pilihan tepat untuk diet.

Anda bebas memilih jenis protein dan sayuran dalam sup. Mulai dari potongan daging ayam tanpa kulit, wortel, buncis, kol, dan lainnya. Tapi, Anda disarankan menggunakan kuah bening berbahan kaldu.

Hindari penambahan bahan lain seperti krim atau santan.

4. Tumis sayur

Banyak jenis sayur yang bisa Anda olah dengan cara ditumis. Tumis dengan tambahan sedikit bumbu membuat sayur terasa lebih enak.

Anda bisa memilih beberapa jenis sayur tinggi serat. Mengutip Healthline, brokoli dan buncis jadi dua jenis sayur yang paling tinggi serat.

Baca Juga: Deretan Resep Sayur Praktis Sehat dan Sederhana

Pada 100 gram brokoli biasanya terdapat 2,4 gram serat. Sementara pada 100 gram buncis umumnya mengandung 12,4 gram serat.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sayur kale dan bayam.

Sebagai hasil terbaik, gunakan minyak zaitun untuk menumis menu makan malam diet satu ini.

Nah, itulah beberapa menu yang bisa dimakan untuk menjaga program diet pada malam hari. Selamat mencoba. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga