Hindari Pakai Face Mask Setiap Hari, Bisa Hilangkan Manfaatnya

Sasmiraza, telisik indonesia
Rabu, 12 Oktober 2022
0 dilihat
Hindari Pakai Face Mask Setiap Hari, Bisa Hilangkan Manfaatnya
Face mask atau masker wajah kerap dijadikan alternatif perawatan kulit yang lebih ekonomis. Namun, penggunaan face mask terlalu sering juga tidak dianjurkan. Foto: Repro Google.com

" Face mask atau masker wajah kerap dijadikan alternatif perawatan kulit yang lebih ekonomis. Selain murah, jenisnya juga beraneka ragam dengan kandungan yang berbeda-beda "

KENDARI, TELISIK.ID - Face mask atau masker wajah kerap dijadikan alternatif perawatan kulit yang lebih ekonomis. Selain murah, jenisnya juga beraneka ragam dengan kandungan yang berbeda-beda. Misalnya, jika kamu ingin mencerahkan wajah, masker dengan kandungan vitamin C bisa menjadi solusinya.

Tak hanya itu, face mask juga tergolong mudah dan praktis digunakan. Kamu hanya perlu menempelkannya ke wajah selama beberapa menit dan tak perlu dibilas. Teksturnya juga cenderung ringan dan mudah menyerap ke dalam kulit. Meski ringan, sebagian orang sering mempertanyakan keamanannya untuk digunakan setiap hari.

Namun, amankah menggunakan face mask setiap hari? Melansir dari Healthline, frekuensi penggunaan face mask tergantung pada kandungannya dan jenis kulit yang kamu miliki.

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Agar Terhindar dari Mabuk Perjalanan

Contohnya, jika tipe kulit tergolong sensitif, penggunaan face mask terlalu sering tidak dianjurkan. Sebab, hal ini justru bisa menimbulkan masalah kulit baru atau memicu alergi.

Selain itu, face mask yang berfungsi untuk memicu pengelupasan kulit atau mengandung agen anti-penuaan sebaiknya hanya digunakan seminggu sekali. Tujuannya untuk menghindari iritasi. 

Sedangkan masker yang bertekstur tanah liat dengan kandungan menghidrasi umumnya aman digunakan dua atau tiga kali seminggu. Namun, cara paling tepat untuk memastikan keamanannya adalah membaca label kemasan dan instruksi penggunaannya. 

Supaya kandungan dalam face mask meresep secara maksimal, berikut cara pemakaiannya yang paling tepat, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu

Bersihkan kulit secara menyeluruh sebelum menerapkan masker wajah. Gunakan pembersih yang menghidrasi dengan pH netral. Bilas perlahan dengan air hangat agar pori-pori terbuka.

2. Gunakan pelembap setelahnya

Setelah melepas masker, gunakan pelembab yang ringan untuk meminimalkan potensi iritasi. Kamu juga bisa menggunakan serum asam hialuronat untuk mengunci bahan-bahan aktif yang telah terserap ke pori-pori kulit. 

3. Gunakan secara konsisten 

Menggunakan masker wajah sesekali tidak menghasilkan perubahan yang signifikan. Kamu perlu menggunakannya secara teratur, setidaknya selama sekitar 6 hingga 8 Minggu. 

4. Jangan dibiarkan terlalu lama

Tak sedikit orang yang berpikir kalau semakin lama masker wajah dibiarkan, semakin efektif hasilnya. Padahal, membiarkan masker terlalu lama bisa membuat wajah berminyak, berjerawat atau justru semakin kering. Usahakan untuk menggunakannya sekitar 10 menit saja. 

Baca Juga: 7 Cara Efektif Menambah Berat Badan Anak, Patut Dicoba

5. Ingatlah bahwa harga tidak menunjukkan kualitas

Face mask juga dibanderol dengan harga yang beraneka ragam. Namun, masker wajah paling mahal belum tentu yang terbaik. Jangan melihat harganya, pilih yang kandungannya sesuai kebutuhan kondisi kulit kamu. 

6. Gunakan jenis masker sesuai kondisi kulit

Cara memakai masker wajah yang benar selanjutnya harus menyesuaikan kondisi kulit. Masker untuk kulit berjerawat akan berbeda kandungannya dengan tipe kulit kering, normal atau sensitif.

Bagian ini penting supaya hasil akhir setelah memakai masker sesuai harapan. Salah satunya menggunakan masker khusus jerawat yang bisa membantu mengurangi kemerahan.

Untuk bentuk masker itu sendiri beragam, ada yang clay mask, wash off, peel off, bubuk (powder), sheet mask, gel, krim atau masker alami D.I.Y. (C)

Penulis: Sasmiraza

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga