Hindari Perpecahan saat Pilkades, Pemda Konawe Gelar Deklarasi Damai

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 24 Oktober 2022
0 dilihat
Hindari Perpecahan saat Pilkades, Pemda Konawe Gelar Deklarasi Damai
Kegiatan deklarasi damai dan penandatanganan pakta integritas pemilihan kepala desa di Kabupaten Konawe Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Pemerintah Kabupaten Konawe mengadakan deklarasi damai dan penandatanganan pakta integritas pemilihan kepala desa "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Konawe mengadakan deklarasi damai dan penandatanganan pakta integritas pemilihan kepala desa, Senin (24/10/2022).

Deklarasi damai ini bertujuan agar penyelenggaraan pemilihan kepala desa serentak tahun 2022 di Kabupaten Konawe berjalan dengan lancar, aman, damai, kondusif dan demokratis.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa menuturkan, pemilihan kepala desa adalah pelaksanaan kedaulatan rakyat di desa dalam rangka memilih kepala desa yang bersifat langsung, umum, bebas, rahasia, serta jujur dan adil.

"Tujuannya untuk menghasilkan kepala desa yang berkualitas, berintegritas, serta mempunyai komitmen memimpin desa," tambahnya.

Baca Juga: Tertib Berlalu Lintas, Polres Muna Beri Reward 9 Pengendara

Kepada panitia pemilihan kepala desa dia menegaskan agar dalam melaksanakan tugas, menjunjung tinggi netralitas dan independensi serta memegang teguh peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

"Untuk masing-masing kepala desa agar senantiasa menjaga kondusifitas, jangan pemilihan ini dijadikan ajang pemecah persatuan," tegasnya.

Di akhir sambutannya, Bupati Konawe berharap agar pemilihan kepala desa berjalan sesuai dengan tahapan yang telah direncanakan.

Baca Juga: Eksistensi Suku Tolaki di Kabupaten Bombana, Bersinergi Bangun Daerah

Di tempat yang sama, salah satu calon kepala desa yang hadir dalam kegiatan ini menuturkan, acara deklarasi damai ini jangan hanya sekedar seremonial saja, tapi tahapannya harus diawasi dengan sungguh-sungguh.

"Pelaksanaan pilkades ini harus dilaksanakan secara profesional, jangan hanya sekedar acara saja," tegas calon kepala desa yang tak ingin namanya di-publish.

Ia juga menuturkan, dirinya siap menang dan siap kalah dalam pemilihan kepala desa di tempatnya, yang penting dilakukan secara adil dan transparan. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga