Hoax, Warga Positif COVID-19 Berkeliaran di Kolut

Muh. Risal H, telisik indonesia
Senin, 20 April 2020
0 dilihat
Hoax, Warga Positif COVID-19 Berkeliaran di Kolut
Ilustrasi Anti Hoax (kiri) dan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kolut, dr. Syarif Nur Ramly. (kanan) Foto: Ist.

" Informasi itu tidak benar atau hoax, jadi masyarakat tidak usah panik. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Isu yang beredar di tengah masyarakat terkait keberadaan warga yang diduga positif COVID-19 bebas berkeliaran di Kolaka Utara (Kolut) adalah hoax.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kolut, dr. Syarif Nur Ramly, saat dikonfirmasi, Senin (20/4/2020).

"Informasi itu tidak benar atau hoax, jadi masyarakat tidak usah panik," kata Jubir.

Sementara itu, dua orang warga Kolut yang beberapa waktu lalu dinyatakan positif COVID-19 setelah

mengikuti pendidikan di Sukabumi masih menjalani proses karantina mandiri di rumah sakit Bhayangkara, Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

"Dua orang ini sejak kembali dari pendidikan, sama sekali belum pernah menginjakkan kaki di Kolut," jelasnya.

Baca juga: 7 Positif COVID-19 di Muna Masuk Klaster Bogor

Lebih lanjut, dr. Syarif mengungkapkan, jika dua orang dari beberapa orang yang telah mengikuti pendidikan dan pelatihan di SPN Anggotoa tersebut sudah diperbolehkan pulang.  

"Menurut informasi dari Wakapolres dan kasat Intel yang dinyatakan positif itu masih mengikuti proses karantina di rumah sakit Bayangkara. Sementara yang dua orangnya lagi sudah bisa pulang karena berdasarkan hasil swab hasilnya negatif COVID-19," ungkap Jubir COVID-19 Kolut.

Walaupun mereka dinyatakan negatif COVID-19 katanya, mereka tetap diimbau untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

 

Reporter: Muh. Risal

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga