HP Rp 2,5 Jutaan Samsung A14 LTE vs Realme C55, Mana yang Terbaik?

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Kamis, 18 Mei 2023
0 dilihat
HP Rp 2,5 Jutaan Samsung A14 LTE vs Realme C55, Mana yang Terbaik?
Samsung Galaxy A14 LTE (kiri) dan Realme C55 (kanan), 2 HP unggulan untuk harga Rp 2,5 jutaan. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

" Samsung Galaxy A14 LTE dan Realme C55 nyaris sama soal harga. Tapi soal kualitas, keduanya memiliki keunggulan masing-masing "

KENDARI, TELISIK.ID - Pasar HP dengan range harga Rp 2,5 juta hingga Rp 3 jutaan, jadi buruan pecinta smartphone, ataupun mereka yang hanya sekedar mencari HP baru dengan harga yang cukup aman di kantong.

Karena itu, banyak produsen HP yang berlomba-lomba memproduksi HP untuk bersaing di kelas ini. Sejauh ini, Telisik.id telah merangkum 2 HP yang bisa menjadi rekomendasi Telisikers, yaitu Samsung Galaxy A14 LTE dan Realme C55. Lalu, manakah dari keduanya yang terbaik?

Samsung Galaxy A14 LTE merupakan HP Samsung versi lebih murah dari A14 5G. Samsung Galaxy A14 LTE menawarkan kamera utama 50 MP di belakang yang ditemani kamera ultra-wide 5 MP dan makro 2 MP. Untuk yang gemar selfie, terdapat kamera 13 MP di depan. 

Seperti yang disampaikan oleh Dika, pegawai booth Samsung toko Aneka Jaya Mobile yang terletak di Jalan MT Haryono, Kendari.

"HP ini bagus kameranya kalau suka foto-foto biasa terus upload di sosmed," tutur Dika, Kamis (18/5/2023).

Baca Juga: Realme C55, HP Entry Level Pelopor Punch Hole

Selain itu, keberadaan lensa ultra-wide di HP ini patut diapresiasi, karena biasanya di kelas harganya, produsen lebih senang memberikan lensa makro atau depth saja. Seperti yang dilakukan oleh Realme C55.

Bagian kamera pada perangkat itu memiliki desain dengan 2 bundaran besar. Masing-masing dari bundaran tersebut terdapat 1 kamera dengan yang atas adalah kamera utama dan yang bawah adalah kamera depth. Lampu LED ada pada sisi sebelah kanan dari kedua bundaran tersebut.

Namun, yang membedakan Realme C55 adalah kamera utama 64 Mega Pixel (MP) yang menjadi pelopor di kelas harganya.

Fitur kamera 64 MP sendiri menjadi keunggulan HP ini yang diamini oleh Dilla, pegawai booth Realme di toko Aneka Jaya Mobile yang terletak di Jalan MT Haryono, Kendari.

"Kameranya sudah 64 Mega Pixel (MP) termasuk yang terbaik di kelasnya, jarang ada HP sekelasnya yang segitu," tuturnya ketika diwawancarai Telisik.id.

Untuk daya pacunya sendiri, Realme C55 ditenagai dengan chipset Mediatek Helio G88, sementara Samsung Galaxy A14 LTE didukung chipset Exynos 850.

Jika dibandingkan, daya pacu yang digunakan oleh Samsung Galaxy A14 LTE terbilang cukup lawas, berbeda dengan Realme C55 yang cukup kencang untuk kelasnya walau tidak seberapa. Namun untuk bermain game, keduanya masih cukup bisa diandalkan.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Redmi Note 11, HP Kelas Menengah untuk Semua Kalangan

Satu hal lagi yang menjadikan Realme C55 berada satu tingkat unggul di atas Samsung Galaxy A14 LTE, yaitu HP ini hadir dengan lubang kamera depan punch hole sebagaimana ponsel mahal.

Sebagai kesimpulan, Telisik.id mengambil kutipan dari David Gadgetin di akun Youtube-nya.

"Kedua HP ini bagus, tergantung penggunaan. Jika mau pilih kamera, pilih Samsung. Jika mau kecepatan dan desain, pilih Realme," tuturnya. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga