HPN 2021, Pemda Bombana Harap Pers Lebih Produktif

Hir Abrianto, telisik indonesia
Selasa, 09 Februari 2021
0 dilihat
HPN 2021, Pemda Bombana Harap Pers Lebih Produktif
Pemotongan nasi tumpeng pada cara seremoni peringatan HPN 2021 oleh Pemkab Bombana. Foto: Hir/Telisik

" Tentunya rekan-rekan wartawan tetap jaga kesehatan apalagi corona ini menjalar penuh misteri. Karena masyarakat di luar sama setiap hari menunggu kabar dari kalian (wartawan) semua. "

BOMBANA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Bombana melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfos) berharap Pers untuk tetap produktif dalam menjalankan peran sebagai pemberi kabar kepada publik.

Hal tersebut disampaikan pada momentum peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang diperingati setiap tanggal 9 Februari pada hari ini, Selasa (9/2/2021).

Menurut Kepala Dinas Kominfos Bombana Sofian Baco, HPN 2021 dengan tema Pers Nasional Bangkit dari Krisis akibat Pandemi COVID-19 dan Tekanan Disrupsi Digital ini menuntut tanggung jawab dan peran yang sangat sangat vital karena masyarakat dunia saat ini mudah melihat perkembangan dunia dalam sekejap melalui digitalisasi.

Untuk itu, produktifitas pelaku pers atau wartawan perlu diperhatikan agar karya atau tulisannya dalam mengedukasi masyarakat, apalagi di masa pandemi COVID-19.

"Momen HPN kali ini, kami hanya berharap sebagai mitra dalam menjaga daerah atau bangsa Indonesia maka wartawan harus produktif," katanya usai peringati HPN secara seremonial dengan memotong nasi tumpeng yang digelar di Kantor Diskominfo Bombana, Selasa (9/2/2021).

Produktif yang dimaksud itu lanjut Sofian, adalah menerbitkan berita yang berimbang, kritis yang sifatnya membangun, serta menjaga hubungan kemitraan yang ada di seluruh lapisan masyarakat.

Di tengah pandemi ini pihaknya juga berharap agar para wartawan dimana pun berada untuk selalu menjaga kesehatan.

Baca juga: Pencurian di Bombana Marak, Warga Resah

"Tentunya rekan-rekan wartawan tetap jaga kesehatan apalagi corona ini menjalar penuh misteri. Karena masyarakat di luar sama setiap hari menunggu kabar dari kalian (wartawan) semua," harapnya.

Sebelumnya, harapan tersebut juga disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Pate ketika memberikan sambutan dalam acara Konvensi Nasional Media Massa HPN 2021, dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (08/02/2021).

Kata Johny, sebagai bentuk dukungan kepada mitra kerja seperti Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Dewan Pers, pelaku atau asosiasi industri media serta ekosistem pers, Kementerian Kominfo selalu terbuka dalam menyediakan ruang diskusi guna menciptakan ekosistem media massa dan pers Indonesia yang inklusif, positif, berkelanjutan serta siap menghadapi era digital yang semakin kompetitif.

“Menghadapi era disrupsi informasi seperti saat ini dibutuhkan kerjasama dan peran aktif kita semuanya secara bergandengan tangan. Kementerian Kominfo tentu akan senantiasa mendukung kolaborasi yang positif dengan rekan-rekan media dan insan pers, sekaligus mendorong ke depankan pemberitaan yang mencerdaskan dan menjaga kesatuan dan keutuhan bangsa kita,” tandasnya.

Lebih lanjut, Menteri Johnny mengajak seluruh komponen bangsa bersama-sama menyambut peluang besar yang muncul dari kemajuan teknologi, informasi, komunikasi dan digitalisasi.

“Bersama-sama tentu kita sukseskan agenda percepatan transformasi digital Indonesia, bersama-sama pula kita bertransformasi menuju Indonesia yang terkoneksi, semakin digital, semakin maju,” imbuhnya. (B)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga