La Yadi Usia 102 Tahun jadi Jemaah Tertua Buton Selatan yang Tetap Bugar Jalani Rangkaian Ibadah Haji

Sofi Insan Wardani, telisik indonesia
Kamis, 27 Juli 2023
0 dilihat
La Yadi Usia 102 Tahun jadi Jemaah Tertua Buton Selatan yang Tetap Bugar Jalani Rangkaian Ibadah Haji
La Yadi yang sudah berusia 102 Tahun, menjadi jemaah haji tertua asal Buton Selatan yang menyelesaikan rangkaian ibadah haji dengan sehat bugar. Foto: Sofi Insan Wardani/Telisik

" Sebuah kisah inspiratif datang dari La Yadi, seorang jemaah haji berusia 102 tahun asal Buton Selatan yang merupakan kloter 30 embarkasi Makassar "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Sebuah kisah inspiratif datang dari La Yadi, seorang jemaah haji berusia 102 tahun asal Buton Selatan yang merupakan kloter 30 embarkasi Makassar.

Di usianya yang sudah sangat senja, ia tetap menunjukkan semangat dan kesehatan yang luar biasa saat menjalani seluruh rangkaian ibadah haji di tanah suci.

Meskipun terkadang La Yadi sering mengalami gejala demensia namun dalam setiap kesempatan, La Yadi berusaha mengikuti seluruh rangkaian ibadah dengan khidmat dan penuh khusyuk.

“Beliau adalah teladan bagi kita semua. Meskipun usianya telah mencapai 102 tahun, semangatnya dalam menunaikan ibadah haji tak tergoyahkan. Ia selalu bersemangat bahkan beberapa rangkaian saat ibadah haji beliau tidak menggunakan kursi roda seperi jemaah lansia pada umumnya," tutur Ketua regu jemaah haji Buton Selatan, Haji Hamilu, Kamis (27/7/2023).

Baca Juga: Tangis Haru Keluarga Sambut Kepulangan Jemaah Haji Buton Selatan

Ia juga menambahkan, selama menjalani rangkaian ibadah haji, Kakek La Yadi menunjukkan ketabahan dan keuletan yang luar biasa. Meskipun cuaca di tanah suci terkadang sangat panas, ia tetap bersemangat dan tak pernah mengeluh.

Kepala Kantor Kementrian Agama Buton Selatan, Mukhtar mengatakan, sebelumnya selama proses pembekalan jemaah haji pemerintah berupaya untuk memberikan pelayanan dan memfasilitasi para jemaah sesuai dengan prosedur pelayanan ramah lansia.

“Semua unsur terkait penyelenggaraan ibadah haji kita optimalkan supaya pelayanan ramah lansia bagi jemaah haji ini bisa terselenggara sesuai dengan rencana dan harapan kita semua, dan Alhamdulillah semua kembali ke tanah air tanpa kurang satu apapun,” jelas Mukhtar.

Baca Juga: Ungkap Seni Ukir Nisan Etnis Cia-Cia Lewat Film, Pemda Buton Selatan: Ini Harus Dikenal Dunia

Diketahui, La Yadi merupakan warga Kecamatan Batu Atas, Kabupaten Buton Selatan telah mendaftar haji sejak tahun 2017.

Dalam kesehariannya, La Yadi masih tetap produktif melakukan kegiatan berkebun.

Ia juga dikenal sebagai pribadi yang ramah dan selalu menginspirasi orang lain di sekitarnya.

Kisah Kakek La Yadi menjadi pelajaran berharga bagi semua, semangat dan keyakinan dalam menjalani ibadah tak mengenal batas usia. (B)

Penulis: Sofi Insan Wardani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga