Huawei Jenis Hp yang Dipakai Hamas, Sulit Diretas Oleh Militer Israel

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 22 Oktober 2023
0 dilihat
Huawei Jenis Hp yang Dipakai Hamas, Sulit Diretas Oleh Militer Israel
Hamas disebut tembus pertahanan canggih Israel pakai HP Huawei. Gedung-gedung di ashkelon Israel dihantam roket hamas. Foto: Detik.com

" Gempuran militan Hamas yang menembus pertahanan canggih Israel menimbulkan sejumlah teori. Salah satunya menyebut pemimpin Hamas menggunakan perangkat mulai dari HP hingga laptop Huawei "

KENDARI, TELISIK.ID - Gempuran militan Hamas yang menembus pertahanan canggih Israel menimbulkan sejumlah teori. Salah satunya menyebut pemimpin Hamas menggunakan perangkat mulai dari HP hingga laptop Huawei.

Perangkat jenis Huawei itu disebut tidak dapat disadap oleh intelijen. Mantan anggota Al Qaeda dan agen MI6, Aimen Dean, mengonfirmasi kabar tersebut.

Aimen Dean mengungkap kebanyakan para pemimpin dan militan Hamas menggunakan tablet dan ponsel pintar Huawei.

"Kepada semua orang yang bertanya bagaimana Israel, bersama dengan badan keamanan dan intelijennya, gagal mengetahui rencana Hamas untuk melakukan invasi berani ke Israel. Jawaban parsial atas pertanyaan ini: Huawei!" kata Aimen dilansir Detik.com.

Baca Juga: Update Perang Hamas Vs Israel, Korban Palestina Dua Kali Lipat

Menurut pengacara hukum di Amerika Serikat, Rex menuturkan ponsel Huawei yang semula diisukan memiliki celah keamanan yang besar, tidak dapat diakses dengan mudah oleh para penyelidik.

Perangkat Huawei P20 Pro yang dicoba diretas, tidak memberikan akses sedikit pun kepada penyelidik untuk mendapatkan data-data penting yang ada di dalam ponsel tersebut.

Kendati demikian, bukan berarti perangkat Android sepenuhnya aman dan tidak dapat diretas. Para penyelidik ini tetap dapat mengakses sejumlah data penting meskipun membutuhkan waktu yang lebih lama.

Dikutip dari Wikipedia.com, Huawei Technologies Co., adalah sebuah perusahaan teknologi multinasional yang berkantor pusat di Shenzhen, Guangdong, Tiongkok. Perusahaan ini merancang, mengembangkan dan menjual peralatan telekomunikasi dan elektronik konsumen.

Para pemimpin Hamas rupanya menggunakan ponsel pintar Huawei untuk mencegah penyadapan oleh badan intelijen Barat.

"Sekarang sudah jelas mengapa AS sangat membenci Huawei," tulisnya.

Huawei telah menjadi sasaran sanksi dan larangan oleh Amerika Serikat dan sekutunya karena dituduh berkolusi dengan pemerintah Cina dan membahayakan keamanan nasional negara-negara Barat.

Baca Juga: Inggris Tetapkan Hamas Palestina Jadi Teroris

Huawei membantah tuduhan tersebut dan mengklaim bahwa produk-produknya aman dan tidak terlibat dalam spionase.

"Jika Anda tidak ingin membocorkan informasi rahasia ke CIA, belilah ponsel pintar Huawei!" tandas BeijingDei di akun X.com.

Salah satu dampak dari sanksi AS adalah bahwa Huawei tidak dapat menggunakan sistem operasi Android yang dikembangkan oleh Google.

Sebagai gantinya, Huawei mengembangkan sistem operasi sendiri yang disebut HarmonyOS yang dikatakan lebih tahan terhadap peretasan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga