Hyundai Pamerkan Ban Mobil Berputar hingga 360 Derajat, Mudahkan Saat Parkir

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 25 Februari 2024
0 dilihat
Hyundai Pamerkan Ban Mobil Berputar hingga 360 Derajat, Mudahkan Saat Parkir
Hyundai ciptakan inovasi ban yang dapat berputar hingga 360 derajat. Foto: Tapchibonbanh.com

" Pada ajang Consumer Electronic Show (CES) 2023 digelar di Las Vegas Convention Center di Amerika Serikat (AS) selama 4 hari waktu setempat, Hyundai luncurkan teknologi kemudi kendaraan baru yang disebut e-Corner System "

KENDARI, TELISIK.ID - Pada ajang Consumer Electronic Show (CES) 2023 digelar di Las Vegas Convention Center di Amerika Serikat (AS) selama 4 hari waktu setempat, Hyundai luncurkan teknologi kemudi kendaraan baru yang disebut e-Corner System.

E-Corner System yaitu modul yang terdiri dari brake by wire, steer by wire, damper, dan in-wheel motor yang dipasang di setiap roda.

Sebelumnya, anak perusahaan Hyundai Motor Group menunjukkan cara kerja e-Corner System dalam sebuah animasi, dan kini Hyundai telah membuat prototipenya menggunakan model Ioniq 5.

Baca Juga: Luncurkan Model Terbaru, Mobil Ini Pertahankan Popularitas di Segmen SUV

Prototipe Ioniq 5 dengan e-Corner System mampu parkir paralel di tempat yang sempit hanya dengan menyesuaikan sudut roda, dan mundur dari jalan buntu dengan berbelok 180 derajat seperti dikutip dari Harianhaluan.com.

Sistem e-Corner Hyundai mencerminkan fitur 'Crab Walk' ke arah diagonal ini seperti Hummer EV dari GMC. Diduga mereka juga meniru mode Mengemudi Diagonal Hummer EV. Crab Driving akan memutar roda belakang untuk meniru sudut roda depan sehingga bisa bergerak secara diagonal.

Mengutip Indozone.com, selama pengaturan ini, setiap roda berputar 90 derajat, membuat putaran lebih mudah. Saat disetel ke Zero Turning, roda kendaraan berputar 45 derajat sehingga Anda dapat berputar 360 derajat.

Baca Juga: Ditemukan Banyak Kerusakan, Peredaran Mobil Toyota Terlaris Ditarik Massal

Demikian pula, Pivot Turning melakukan hal yang sama hanya dengan radius belokan yang lebih besar. Namun begitu sistem baru tersebut sedang dalam pengembangan, pengendara baru bisa mendapatkan kendaraan mereka paling cepat tahun 2025.

Teknologi inovatif ini belum pernah diproduksi secara massal di mana pun di dunia, namun Hyundai Mobis menyarankan agar Hyundai Motor Group dapat menerapkan pada kendaraannya.

Hyundai Mobis mengatakan bahwa mereka sedang mengembangkan beragam komponen penting secara internal, tidak hanya untuk kemudi dan pengereman, namun juga menyatukannya dengan konektivitas dan elektrifikasi. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga