Ditemukan Banyak Kerusakan, Peredaran Mobil Toyota Terlaris Ditarik Massal

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Selasa, 20 Februari 2024
0 dilihat
Ditemukan Banyak Kerusakan, Peredaran Mobil Toyota Terlaris Ditarik Massal
Salah satu mobil dari Toyota, Veloz, dilakukan recall, demi menjaga keselamatan konsumen. Foto: newsroom.toyota.co.id

" PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan penarikan massal beberapa model mobil mereka di Indonesia. Lima model Toyota mengalami recall karena beberapa masalah yang mengancam keamanan pengguna "

JAKARTA, TELISIK.ID - PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan penarikan massal beberapa model mobil mereka di Indonesia. Lima model Toyota mengalami recall karena beberapa masalah yang mengancam keamanan pengguna.

Menurut cnbcindonesia.com, masalah utama yang ditemukan adalah pada Front Garnish Pillar Clip, Front Door Side Impact Beam, dan Front Shock Absorber Nut. Recall ini mencakup beberapa model, termasuk Toyota Sienta, Avanza, Veloz, Vios, dan Yaris Cross.

Recall ini tidak hanya terjadi pada tahun 2024, tetapi sudah menjadi kejadian rutin setiap tahun sejak 2020. Contohnya, pada Juni 2023, Toyota harus menarik kembali lebih dari 3.500 unit mobil karena masalah pada kapasitor ECU Airbag.

Baca Juga: Luncurkan Model Terbaru, Mobil Ini Pertahankan Popularitas di Segmen SUV

Bahkan pada Maret 2022, sebanyak 14.777 unit Toyota Raize juga harus ditarik kembali karena temuan anomali pada sambungan fender apron bagian depan. Kendala ini dapat mengakibatkan bunyi abnormal dan sulitnya mengendalikan kendaraan.

Menurut otodriver.com, beberapa masalah yang ditemukan oleh Toyota termasuk potensi kebocoran air pada pilar depan dan pemasangan yang kurang sempurna pada Front Door Side Impact Beam. Masalah pada Front Shock Absorber Nut juga ditemukan pada beberapa model.

Baca Juga: Siap-Siap Miliki Mobil Terbang, China Bakal Jual Akhir Tahun 2024

Dalam keterangan resminya, Henry Tanoto selaku Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan atas ketidaknyamanan ini. Ia menekankan bahwa recall ini dilakukan demi keamanan dan kenyamanan pelanggan.

TAM juga menghimbau pelanggan untuk segera memeriksa apakah mobil mereka terkena recall dan melakukan perbaikan di bengkel resmi Toyota tanpa biaya tambahan. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga