Luncurkan Model Terbaru, Mobil Ini Pertahankan Popularitas di Segmen SUV

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Kamis, 08 Februari 2024
0 dilihat
Luncurkan Model Terbaru, Mobil Ini Pertahankan Popularitas di Segmen SUV
Tampilan samping Honda HR-V (kiri) dan bagian kemudi depan, dengan transmisi automatic (CVT) andalan pabrikan ini (kanan). Foto: Instagram @hondaousidejavu, 180garage.id

" Honda HR-V, Crossover yang telah lama dikenal di Indonesia, kembali menarik perhatian publik dengan peluncuran model terbarunya "

KENDARI, TELISIK,ID - Honda HR-V, Crossover yang telah lama dikenal di Indonesia, kembali menarik perhatian publik dengan peluncuran model terbarunya. Mobil ini masih mempertahankan popularitasnya di segmen SUV, dengan berbagai kekurangan dan tentunya punya kelebihan tersendiri.

Dalam peluncuran terbarunya, Honda HR-V menawarkan penyegaran yang menarik pada tahun 2023, termasuk opsi mesin dan tipe yang berbeda dari model sebelumnya. Honda HR-V hadir dalam lima tipe yang beragam, mulai dari yang terjangkau hingga yang tertinggi di bawah harga Rp 300 juta, sesuai harga otr Jakarta.

Menyusul tren pasar, Honda HR-V terbaru hadir dalam dua pilihan mesin yang dapat dipilih oleh konsumen. Mulai dari mesin 1.500 cc untuk varian S, E, dan SE, hingga mesin turbocharge 1.500 cc untuk varian tertinggi, RS.

Faris Rendra, seorang pegiat otomotif, dan juga memiliki bengkel di Kota Kendari menjelaskan spesifikasi teknis mesin HR-V terbaru.

"Tenaga yang dikeluarkan dari mesin tersebut sebesar 119 hp pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi maksimal hingga 145 Nm di putaran mesin 1.700-4.500 rpm," ujar Rendra, Rabu (7/2/2024) pagi.

Baca Juga: Tampang New Xpander Cross, Fitur Makin Canggih

Selain itu, perubahan terlihat pada tampilan luar Honda HR-V, dengan peningkatan pada lampu utama dan grille yang memberikan kesan elegan. Indira, seorang sales di showroom Honda Kendari, mengungkapkan perubahan desain yang terjadi pada model terbaru.

"Tampilan depan kini menggunakan LED sebagai lampu utama, sementara grille hadir dengan sentuhan krom yang membuat mobil terlihat lebih elegan," kata Indira.

Namun, meskipun terdapat penyegaran pada eksterior, tidak banyak perubahan yang terjadi pada bagian samping dan interior mobil. Meski begitu, fitur-fitur interior Honda HR-V tetap memikat, dengan penyimpanan yang luas dan sistem hiburan yang canggih.

Menurut data teknis dari situs resmi hondaindonesia.com, HR-V tetap menggunakan mesin andalannya, dengan dua pilihan mesin yang didukung oleh transmisi CVT Earth Dreams.

Maulana, seorang pemilik Honda HR-V, memberikan kesan mengenai konsumsi bahan bakar dan performa mobil, "urusan konsumsi BBM buat Honda HR-V 1.5 sanggup konsumsi 1:12 Km per liter sedangkan mesin 1.8 sedikit boros dengan konsumsi bbm 1:10,8 km per liter," ungkapnya.

Meskipun demikian, beberapa kekurangan juga ditemukan pada Honda HR-V terbaru. Salah satunya adalah ketiadaan fitur panoramic sunroof yang dapat dibuka, serta keterbatasan jumlah airbag pada beberapa varian.

Baca Juga: Siap-Siap Miliki Mobil Terbang, China Bakal Jual Akhir Tahun 2024

"Untuk airbag khususnya di varian tanpa Turbo seperti Honda HR-V 1.5 SE ini cuma ada empat airbag," ujar Maulana.

Selain itu, tarikan yang kurang responsif menjadi kekurangan lain yang disoroti oleh beberapa pemilik Honda HR-V. Hal ini disebabkan oleh karakter transmisi CVT yang cenderung lebih lemot dibandingkan dengan transmisi konvensional.

Meskipun demikian, Honda HR-V tetap menjadi pilihan menarik bagi konsumen yang menginginkan kenyamanan dan performa yang handal dalam sebuah crossover. Dengan berbagai pilihan tipe dan mesin, Honda HR-V terus menunjukkan dominasinya di pasar otomotif Indonesia. (A)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga