Indonesia Dorong Upaya Peningkatan Perdagangan dengan Uzbekistan

Marwan Azis, telisik indonesia
Jumat, 24 Juli 2020
0 dilihat
Indonesia Dorong Upaya Peningkatan Perdagangan dengan Uzbekistan
Pertemuan ke-8 Komite Konsultasi Bilateral (KKB) Indonesia – Uzbekistan yang dilakukan secara virtual di Jakarta, Kamis (23/7/2020), untuk memperkuat perdagangan kedua negara. Foto: Ist.

" Berbagai inisiatif kemitraan pun untuk majukan kerja sama bilateral terutama di bidang perdagangan kedua negara digagas pada pertemuan ke-8 Komite Konsultasi Bilateral (KKB) Indonesia – Uzbekistan yang dilakukan secara virtual di Jakarta, Kamis (23/7/2020). "

JAKARTA, TELISIK.ID - Pemerintah Indonesia kini melirik Uzbekistan, bahkan berupaya mendorong upaya penguatan perdagangan dengan negara yang terletak di Asia Tengah dan Eropa Timur itu.

Berbagai inisiatif kemitraan pun untuk majukan kerja sama bilateral terutama di bidang perdagangan  kedua negara digagas pada pertemuan ke-8 Komite Konsultasi Bilateral (KKB) Indonesia – Uzbekistan yang dilakukan secara virtual di Jakarta, Kamis (23/7/2020).

Dikutip Telisik.id dari laman resmi Kementerian Luar Negeri Indonesia, Jumat (24/7/2020), pada pertemuan itu dibahas sejumlah perkembangan kerja sama bilateral antara kedua negara sejak pertemuan KKB terakhir di Tashkent pada akhir tahun 2018.

Di antara pembahasan yang mengemuka adalah upaya peningkatan kerja sama perdagangan dan investasi kedua negara, kerja sama politik dan keamanan, khususnya penanggulangan terorisme dan kejahatan lintas-negara, serta pariwisata dan kebudayaan.

Baca juga: Usulan Pengangkatan Banpol PP Jalur Khusus dari Daerah

Pertemuan juga mencatat sejumlah inisiatif yang kiranya perlu didorong kedua negara, antara lain upaya penguatan perdagangan dengan perluasan akses pasar, perlindungan terhadap penanaman modal, kerja sama KADIN RI-Uzbekistan untuk menjajaki peluang bisnis di masing-masing negara, serta penanganan COVID-19, khususnya di bidang riset dan farmasi

Selain itu, kedua negara juga membahas isu-isu yang menjadi perhatian bersama, antara lain, dampak pandemi COVID-19 terhadap perekonomian global, dukungan RI-Uzbekistan terhadap proses perdamaian Afghanistan, serta penguatan kerja sama dalam forum OKI termasuk isu Palestina.

Menutup pertemuan, kedua pihak sepakat untuk mendorong instansi terkait untuk menyusun program implementasi kerja sama konkrit dari MoU/perjanjian yang telah disepakati. Pertemuan ke-8 Komite Konsultasi Bilateral (KKB) diwakili oleh Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kemlu RI, Desra Percaya selaku ketua delegasi Indonesia dan Deputi Menteri Luar Negeri Uzbekistan, Y.M. Furkat Sidikov selaku ketua delagasi Uzbekistan.

Reporter: Marwan Azis

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga