Inflasi Naik Pemerintah Panik

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 06 Desember 2022
0 dilihat
Inflasi Naik Pemerintah Panik
Rapat koordinasi TPID Sulawesi Tenggara mengumpulkan ratusan OPD dari kabupaten/kota untuk mencegah inflasi. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan tingkat inflasi di Indonesia per November yang kian membengkak di angka 5,42 persen. Ia bahkan mengatakan, angka ini diprediksi naik 1,8 persen hingga akhir tahun "

KENDARI, TELISIK.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan tingkat inflasi di Indonesia per November yang kian membengkak di angka 5,42 persen. Ia bahkan mengatakan, angka ini diprediksi naik 1,8 persen hingga akhir tahun.

Untuk memitigasi laju inflasi yang terus meningkat, presiden mengarahkan semua daerah untuk memaksimalkan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) masing-masing, tak terkecuali Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kepala Biro Perekonomian sekaligus Ketua TPID Sulawesi Tenggara, Usnia mengatakan, semua TPID di kabupaten/kota wajib menjalankan empat langkah mencegah inflasi yang diarahkan dari presiden (4K).

Baca Juga: Aksi Tutup Mulut Jurnalis Tolak Pengesahan RKUHP Didukung DPRD Sulawesi Tenggara

Ia menjelaskan 4K tersebut antara lain adalah menjaga keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, serta komunikasi efektif untuk bertukar solusi dan data antar OPD.

Pj Sekretaris Daerah Sulawesi Tenggara, Asrun Lio mengatakan, di Sulawesi Tenggara strategi 4K diadopsi menjadi enam langkah yang wajib dilakukan pemerintah kota/kabupaten.

Ia menambahkan, langkah tersebut antara lain melaksanakan operasi pasar murah, melaksanakan sidak pasar secara berkala, bekerjsama dengan daerah lain, melaksanakan gerakan menanam, merealisasikan belanja tidak terduga, dan mendukung transprtasi dari APBD.

Baca Juga: Anak Muda Dukung Ekonomi Kreatif Lewat Karya Film

Ratusan orang yang terdiri dari anggota TPID dan OPD di 17 kabupaten/kota Sulawesi Tenggara dikumpulkan untuk dievaluasi progresnya dalam menjalankan arahan enam langkah menurunkan inflasi tersebut. Hasilnya, ada beberapa daerah yang nyatanya belum melaksanakan enam langkah tersebut, daerah tersebut adalah Kabupaten Kolaka Timur dan Konawe Selatan.

Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga beralasan, pencegahan inflasi sejatinya sudah sering dilakukan di wilayahnya. Sebagai lumbung padi Sulawesi Tenggara, pihaknya berupaya menjaga produksi beras untuk memenuhi konsumsi di daerah.

Langkah lain yang sudah dilakukan untuk hal tersebut menurutnya adalah dengan mencegah kenaikan harga pupuk agar para petani beras tidak beralih ke komoditas lain. (A)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga