adplus-dvertising

Ingin Buat Podcast? Kenali Jenis, Aplikasi dan Topik yang Bisa Kamu Pilih

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 21 Juni 2022
251 dilihat
Ingin Buat Podcast? Kenali Jenis, Aplikasi dan Topik yang Bisa Kamu Pilih
Podcast adalah sebuah hasil rekaman audio yang bisa didengarkan oleh khalayak umum melalui media internet. Foto: Repro shutterstock

" Kemiripan karakteristik radio dengan podcast adalah hal yang menjadi perdebatan apakah podcast adalah pengganti media radio "

KENDARI, TELISIK.ID - Media sosial kini sudah menjadi sarana komunitas dan hiburan yang digandrungi masyarakat, salah satunya adalah melalui media podcast.

Dikutip dari Gramedia.com, podcast adalah sebuah hasil rekaman audio yang bisa didengarkan oleh khalayak umum melalui media internet. Beda halnya dengan radio yang wajib dilakukan dan dibawakan secara langsung dalam frekuensi tertentu.

Dan dari situlah muncul istilah bahwa podcast adalah “iPod” dan “broadcast”. Tetapi ada juga pendapat yang mengatakan bahwa “pod” pada podcast adalah singkatan dari “play on demand”, “personal on demand” dan “portable on demand”.


Sementara itu, melansir populix.co, kemiripan karakteristik radio dengan podcast adalah hal yang menjadi perdebatan apakah podcast adalah pengganti media radio. Berdasarkan riset ini, radio dan podcast adalah media di Indonesia yang dapat berjalan beriringan.

Sebanyak 48,52% responden mengaku masih mendengarkan radio meski sudah mengenal podcast. Di antara keduanya, memang podcast masih lebih sering didengarkan 51,47% responden riset ini.

Hanya saja podcast mengungguli radio dengan hanya selisih 2,9%. Artinya, kedua media masih mendapat animo yang tinggi di masyarakat.

Meski tergolong baru, perolehan intensitas mendengar podcast dibanding radio menjadi pertanda konten media ini telah mendapatkan hati di Indonesia. Pasalnya, sebanyak 71,13% masyarakat telah mendengar podcast, setidaknya sekali dalam enam bulan terakhir.

Kini podcast tidak hanya dapat didengarkan untuk pengguna Apple saja. Anda bisa menggunakan beberapa media aplikasi podcast di Indonesia yang tersedia di internet.

Dari sekian banyak platform yang ada, berdasarkan hasil survey Populix, terdapat 8 nama aplikasi podcast di Indonesia yang banyak digunakan masyarakat.

Setiap aplikasi podcast di Indonesia tersebut memiliki keunggulannya masing-masing. Tiga di antaranya bahkan telah cukup umum dikenal masyarakat.

Baca Juga: Wuling EV Mobil Listrik Termurah Masuk Indonesia

Berikut beberapa aplikasi podcast di Indonesia:

1. Spotify podcast

Spotify merupakan aplikasi podcast yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Platform ini dibuat khusus untuk membagikan dan mendengarkan rekaman audio, baik itu berupa spotify podcast atau single lagu dari penyanyi nasional maupun internasional.

Untuk kategori podcast, ada berbagai macam genre pembahasan yang bisa Anda dengarkan. Host yang membawakan podcast spotify juga beragam, bahkan kini tidak sedikit YouTuber dan influencer yang merambah ke media rekaman suara tersebut.

Platform Spotify tersedia dalam versi website dan aplikasi yang dapat diunduh di Playstore atau Appstore. Bahkan aplikasi tersebut dapat saling berintegrasi dan terhubung.

Anda bisa mendengarkan podcast secara gratis di Spotify. Namun, untuk menghilangkan iklan dan menggunakan fitur lain di Spotify, Anda dapat berlangganan bulanan atau harian.

2. Google podcast

Google podcast adalah produk resmi dari Google yang dikhususkan untuk memutar atau menambahkan podcast. Berbeda dengan spotify, Google podcast hanya ditujukan sebagai tempat berbagi podcast saja dan tidak ada lagu.

Kategori yang tersedia juga cukup beragam, dari tema komedi hingga pembahasan yang cukup serius tersedia disini. Google podcast adalah aplikasi podcast gratis tanpa ada iklan dan dapat diunduh di perangkat apapun.

3. Soundcloud podcast

Soundcloud podcast adalah platform berbagi audio yang punya keunggulan fitur tambahan khusus bagi podcaster. Pada aplikasi ini, Anda bisa memutar berbagai podcast dan rekaman lagu dari seluruh dunia.

Meski terbilang sama-sama dapat memutar musik seperti Spotify, soundcloud memiliki keunggulan pada fitur import-export dan web hosting untuk podcaster. Fitur tersebut dapat memudahkan Anda yang ingin mengunggah rekaman audio tanpa harus menggunakan aplikasi lain.

4. Anchor podcast

Salah satu aplikasi podcast yang terkenal di Indonesia adalah Anchor. Anchor podcast adalah aplikasi all-in-one yang ditujukan untuk podcaster. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang dibutuhkan mulai merekam, edit, memberi background suara, hingga melihat insight dari podcast yang telah diterbitkan di Spotify.

Jenis podcast

Macam rekaman suara dalam podcast dibagi ke dalam tiga tipe. Dasar yang digunakan untuk menentukan jenis podcast adalah dari metode yang diterapkan host saat melakukan rekaman.

1. Solo podcast

Sesuai namanya, solo podcast adalah jenis rekaman yang dibawakan oleh satu orang host secara monolog. Artinya, keseluruhan isi rekaman podcast dibacakan secara satu arah tanpa ada lawan bicara.

Umumnya, topik solo podcast adalah berupa pembahasan tentang pendapat dari host tentang satu hal yang sedang viral, membacakan cerita yang dikirimkan oleh pendengar, atau memberi informasi mengenai sesuatu.

2. Interview podcast

Jika sebelumnya pada tipe solo hanya berisikan 1 host saja, interview podcast adalah tipe yang berisikan dialog antara beberapa orang dengan konteks wawancara.

Guest atau narasumber yang diundang tidak harus terdiri dari 1 orang saja, namun juga bisa berupa grup. Tamu interview podcast adalah orang yang nantinya akan berbeda-beda di tiap episode, disesuaikan dengan tema yang dibawakan.

3. Multi host podcast

Terakhir ada jenis podcast yang dibawakan oleh beberapa host psekaligus. Multiple host atau multi host podcast adalah tipe rekaman berupa diskusi dari beberapa perspektif pembicara tentang sebuah topik.

Baca Juga: Oppo Find X5 Pro 5G Satu-Satunya Smartphone Dilengkapi 4K AI Night Video

Meskipun berisikan banyak orang sekaligus, rekaman suara akan tetap terdengar nyaman dan tidak membingungkan.

Topik bahasan podcast

Podcast adalah media yang bisa digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari obrolan ringan hingga melakukan pemasaran produk untuk bisnis. Kategori topik bahasan podcast di Indonesia cukup banyak, di antaranya:

- Komedi

- Podcast Horor Bisnis

- Politik

- Kisah

- Edukasi

- Olahraga

- Seni

- Lifestyle

- Teknologi

- Pendidikan

- Anak-anak

- Romansa

- Kesehatan

Dilansir dari hasil survei Populix, lebih dari 30% responden mengaku menyukai podcast yang membahas soal lifestyle. Kemudian disusul topik entertaiment dan edukasi yang memiliki perbedaan sangat tipis.

Kedua topik tersebut umumnya banyak didengarkan oleh para remaja hingga dewasa hingga usia 35 tahun. Dan di posisi 4 ada teknologi serta terakhir yaitu podcast yang membicarakan soal bisnis. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga