Mana Unggul, Macbook atau Laptop Biasa?

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 11 Oktober 2023
0 dilihat
Mana Unggul, Macbook atau Laptop Biasa?
Laptop telah menjelma menjadi salah satu kebutuhan primer setiap orang dalam menjalankan aktivitas. Foto: Repro Berdikarinews.id

" Laptop ataupun macbook memiliki keunggulan serta kelemahan masing-masing, baik dari segi sistem operasi maupun harga "

KENDARI, TELISIK.ID - Laptop telah menjelma menjadi salah satu kebutuhan primer setiap orang dalam menjalankan aktivitas. Laptop ataupun macbook sendiri sekilas terlihat sama.

Kedua jenis perangkat IT tersebut memiliki keunggulan serta kelemahan masing-masing, baik dari segi sistem operasi maupun harga.

Berikut ini perbedaan macbook dan laptop biasa, dikutip dari Indorentalmedia.com dan asani.co.id:

1. Sistem operasi

Perbedaan pertama yang paling mencolok dari Macbook dengan laptop biasa adalah sistem operasi yang digunakan. Macbook menggunakan Mac OS yang merupakan sistem operasi dengan graphics interface yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc. Sedangkan laptop biasa, mayoritas menggunakan sistem operasi Windows. Meski tidak jarang pula, laptop biasa yang memakai sistem operasi Linux.

Baca Juga: Deretan Rekomendasi Laptop Terbaik 2023, Cocok untuk Kerja dan Kuliah

Mengapa sistem operasi menjadi perbedaan yang paling mencolok antara Macbook dan laptop biasa? Hal tersebut dikarenakan sistem operasi laptop biasa tidak bisa digunakan untuk Macbook. Begitu pula sistem operasi Mac OS yang tidak bisa dijadikan sistem operasi utama untuk laptop biasa.

2. Desain

Secara umum, visual produk Apple seperti Macbook lebih memiliki tampilan yang elegan dan terus di-upgrade daripada laptop biasa. Macbook lebih mempertimbangkan ukuran, bahan, hingga merilis produk dengan tampilan High-End serta Luxurious.

Sementara itu, produk laptop juga punya tampilan serta desain yang beragam, bergantung pada tujuan dibentuknya hardware.

Misalnya, Macbook vs laptop gaming juga tak kalah jauh tampilannya. Sebab biasanya, desain laptop yang dikhususkan untuk para gamer akan terlihat futuristik dan mewah.

3. User interface

Laptop memiliki fitur berupa tombol silang pada pojok kanan atas tab, jika ingin menutup sebuah aplikasi. Sementara itu, Macbook juga memiliki interface berupa tombol silang untuk me-minimize dan menutup suatu aplikasi.

Tepatnya berada di sebelah kiri pojok atas tab, di mana tanda berwarna merah untuk menutup aplikasi, serta yang hijau dapat Anda klik jika ingin minimize tampilannya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tablet Android Terbaik, Harga Mulai Rp 2 Jutaan

Selain itu, perbedaan interface lainnya antara Macbook vs laptop yaitu, taskbar yang dimiliki Windows terletak di bagian bawah, sementara Mac OS berada di bagian atas.

4. Layar

Dukungan tampilan layar dari Macbook dan laptop biasa memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Layar Macbook dilengkapi dengan fitur retina display tetapi belum mampu mengejar kualitas visual 4K. Sedangkan laptop biasa, melaju unggul dengan layar visual yang tajam hingga 8K.

Tidak heran apabila banyak pekerja grafis yang lebih memilih untuk melakukan berbagai upgrade dengan laptop biasa, dibandingkan menggunakan Macbook. Tetapi performa lainnya dari Macbook, dapat menjadi salah satu andalan untuk aktivitas pekerjaan harian yang tidak memerlukan visual tajam. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga