Ini 8 Jenis Kecerdasan Manusia yang Perlu Anda Ketahui

Haidir Muhari, telisik indonesia
Rabu, 24 Maret 2021
0 dilihat
Ini 8 Jenis Kecerdasan Manusia yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi kecerdasan manusia. Foto: Repro id.quora.com

" "

KENDARI, TELISIK.ID - Kecerdasan kerap dimaknai hanya perihal prestasi belajar ilmu eksakta.

Hal itu mengakibatkan terabaikannya pengembangan kecerdasan yang lain. Akibat buruk lainnya memandang remeh orang yang kurang cakap dalam ilmu-ilmu eksakta.

Perspektif demikian itu berbahaya jika dikembangkan dalam pendidikan. Penyeragaman hanya terhadap satu kecerdasan akan sama halnya dengan mengharuskan monyet, ikan, kura-kura, gajah untuk dapat memanjat.

Howard Gardner mengemukakan bahwa ada delapan jenis kecerdasan yang dimiliki manusia. Masing-masing dari kecerdasan itu mewakili seseorang dalam memproses informasi dengan cara terbaik.

Menurut psikolog Harvard itu, bisa saja seseorang baik dalam satu kecerdasan, atau bisa juga tidak pada orang lain. Hal ini sebagaimana terangkum dalam bukunya yang berjudul Frames of Mind.

Buku yang diperkenalkan pertama kali pada 1983 itu melahirkan teori kecerdasan ganda. Gardner menyatakan manusia tidak dilahirkan dengan seperangkat kualitas yang sama.

Beberapa manusia adalah atlet yang lebih baik. Sementara itu yang lain memiliki kemampuan yang sangat baik dalam memahami orang-orang dan alam di sekitar mereka. Semua itu juga adalah kecerdasan.

Akibat dari tidak bisa mengidentifikasi potensi kecerdasan yang dimiliki, bisa saja seseorang gagal dalam memilih profesi. Makan hati, kecewa, lalu terkucilkan dalam pergaulan masyarakat.

Untuk identifikasi kecenderungan potensi pembaca yang budiman, bisa memberikan skala ke tiap jenis kecerdasan berikut.

Baca Juga: Demi Hidupi Keluarga, Seorang Ibu Rela Jadi Pemulung

Dilansir dari Gaya.id, berikut delapan jenis kecerdasan yang diidentifikasi oleh Gardner:

1. Kecerdasan Visual/Spasial

Orang seperti ini pandai melakukan visualisasi terhadap hal-hal dari berbagai dimensi. Mereka secara alami terampil dalam peta, bagan, teka-teki, mengenali pola, menggambar, melukis, dan seni visual.

Pilihan karier potensial untuk orang yang memiliki kecerdasan seperti ini adalah pilot, perancang busana, arsitek, ahli bedah, artis, atau insinyur.

2. Kecerdasan Tubuh/Kinestetik

Orang yang memiliki kecerdasan kinestetik/jasmani, pandai dalam gerakan dan tindakan tubuh. Mereka memiliki kendali fisik yang baik, koordinasi tangan-mata yang sangat baik, serta keseimbangan yang baik.

Orang-orang seperti ini secara alami memilikinya kepandaian dalam menari dan olahraga. Mereka cenderung mengingat sesuatu setelah melakukannya, daripada mendengar atau melihat.

Pilihan karier potensial yang cocok untuk orang yang memiliki kecerdasan ini adalah penari, terapis fisik, pematung, atlet, mekanik, pembangun atau aktor.

3. Kecerdasan Linguistik/Verbal

Kecerdasan linguistik/verbal mengacu pada kemampuan menggunakan kata-kata yang baik. Baik dalam menulis maupun membaca. Orang-orang seperti ini sangat peka terhadap arti kata, urutan kata, bunyi dan ritme.

Mereka senang membaca dan menulis, berpartisipasi dalam debat, dan baik dalam menghafal informasi.

Pilihan karier potensial yang cocok bagi mereka yang memiliki kecerdasan seperti ini adalah penyair, novelis, jurnalis, editor, pengacara, atau guru.

4. Kecerdasan Intrapersonal

Orang dengan kecerdasan intrapersonal yang kuat peka terhadap perasaan. Mengetahui keadaan emosi dan memiliki tujuan yang jelas dalam pikirannya. Mereka menikmati refleksi diri, analisis, dan menilai kekuatan diri.

Pilihan karier potensial yang cocok untuk orang yang memiliki kecerdasan seperti ini adalah terapis, konselor, psikolog, pengusaha, filsuf dan ahli teori.

5. Kecerdasan Logis-Matematis

Orang yang kuat dalam kecerdasan logis-matematis pandai bernalar dan menganalisis masalah secara logis. Selain itu memiliki keterampilan pemecahan masalah yang sangat baik, suka melakukan eksperimen ilmiah, dan dapat memecahkan perhitungan yang kompleks.

Pilihan karier potensial yang tepat untuk mereka yang memiliki kecerdasan seperti ini adalah pemrogram komputer, ahli matematika, ekonom, akuntan, ilmuwan, atau insinyur.

Baca Juga: Usia Pernikahan 8 Tahun, Ayus Sabyan dan Ririe Fairus Resmi Bercerai

6. Kecerdasan Musikal

Orang yang memiliki kepekaan terhadap ritme, nada, dan melodi memiliki kecerdasan musikal. Mereka dapat memainkan dan mempelajari beberapa alat musik dan memiliki apresiasi yang kuat terhadap musik.

Pilihan karier potensial untuk orang yang memiliki kecerdasan musikal yaitu penyanyi, konduktor musik, DJ, guru musik, penulis lagu, dan komposer.

7. Kecerdasan Interpersonal

Orang dengan kecerdasan interpersonal tinggi pandai memahami dan berinteraksi dengan orang lain. Mereka dapat dengan mudah menilai emosi, suasana hati, perasaan, dan temperamen orang lain.

Orang-orang ini dapat berkomunikasi dengan baik secara verbal dan bahkan terampil dalam komunikasi nonverbal. Mereka selalu berusaha menyelesaikan konflik dan menciptakan hubungan yang positif dengan orang lain.

Pilihan karier potensial yang memiliki kecerdasan ini adalah manajer tim, negosiator, politisi, humas, pedagang dan psikolog.

8. Kecerdasan Naturalistik

Individu dengan kecerdasan naturalistik tinggi kerap tertarik pada pengasuhan, lingkungan, dan belajar tentang spesies lain. Mereka menyukai mata pelajaran seperti botani, biologi, dan zoologi serta menikmati berkemah, berkebun, hiking.

Pilihan karier yang cocok untuk orang uang memiliki kecerdasan naturalistik adalah geologi, petani, ahli botani, ahli konservasi dan toko bunga. (C)

Reporter: Haidir Muhari

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga