Ini Bahasa Daerah Tersulit di Indonesia

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Senin, 04 Desember 2023
0 dilihat
Ini Bahasa Daerah Tersulit di Indonesia
Bahasa Batak adalah salah satu bahasa daerah tersulit di Indonesia dan tidak mudah dipelajari oleh orang di luar Batak. Foto: tekno.beritabaru.co

" Data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Indonesia memiliki 718 bahasa daerah. Dari banyaknya bahasa daerah di Indonesia, ada beberapa bahasa daerah yang sulit untuk dipelajari "

KENDARI, TELISIK.ID - Indonesia terkenal dengan keragaman suku, adat dan budaya. Sehingga memiliki beragam bahasa yang dipakai oleh setiap masing-masing daerah dalam kesehariannya.

Bahasa daerah merupakan bahasa turun temurun masyarakat dari daerah setempat yang harus tetap dilestarikan agar bahasa tersebut tidak punah seiring dengan perkembangan zaman.

Diketahui bahwa data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyebutkan bahwa Indonesia memiliki 718 bahasa daerah.

Dari banyaknya bahasa daerah di Indonesia, ada beberapa bahasa daerah yang sulit untuk dipelajari. Dilansir dari berbagai sumber, berikut daftar daerah dengan bahasa tersulit di Indonesia:

1. Bahasa Aceh

Hal yang membuat bahasa Aceh sulit ialah kosakata yang sedikit berbeda dengan pelafalannya, serta penulisan kosakatanya juga unik dan tak mudah dimengerti orang yang baru belajar.

Baca Juga: Bahasa Tolaki jadi Kurikulum Jenjang SD dan SMP di Kota Kendari

Dalam penulisan Bahasa Aceh menggunakan kombinasi tanda petik, tanda titik di atasnya, sehingga akan terasa rumit bagi yang belum terbiasa.

2. Bahasa Batak

Bahasa Batak merupakan bahasa sulit untuk dipelajari, tidak hanya berlaku bagi orang di luar Batak saja, akan tetapi masyarakat asli Batak sendiri pun kesulitan memahami bahasa ibu mereka sendiri.

Tingkat kerumitan bahasa Batak sangat tinggi untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari, disebabkan oleh intonasi dan pelafalan setiap kosa katanya tidak mudah diucapkan.

3. Bahasa Dayak

Suku Dayak termasuk suku yang memiliki ragam bahasa daerah. Tak sedikit bahasa dari suku yang mendiami Pulau Kalimantan ini termasuk bahasa daerah yang susah untuk dipelajari seperti bahasa Dayak.

Bahasa Dayak terkenal memiliki kosakata yang susah dan tidak familiar di telinga masyarakat. Pasalnya, kosakatanya cenderung tidak ada yang sama dengan kosakata bahasa Indonesia.

Bahasa Dayak sendiri masih satu rumpun dengan Bahasa Austronesia, Melayu-Polinesia, dan Ibanik. Itulah sebabnya bahasa ini susah dan asing di telinga orang Indonesia lainnya. Terlebih lagi gaya hidup masyarakat Dayak yang berkelompok dengan sesuku, dan jarang bergaul dengan suku lainnya, membuat bahasa ini tidak begitu familiar di kalangan umum.

4. Bahasa Minang

Bahasa Minang di Sumatera Barat susah dipelajari karena memiliki banyak dialek dan juga versi. Pelafalannya pun cukup susah, sehingga sedikit lebih sukar untuk didengar masyarakat awam.

Baca Juga: Tiap Kamis, ASN di Muna Wajib Berbahasa Daerah

5. Bahasa Banjar

Bahasa Banjar banyak digunakan masyarakat di Kalimantan Selatan. Bahasa ini diketahui turun-temurun dari nenek moyang suku Dayak.

Sama halnya dengan bahasa Batak, bahasa ini juga tergolong susah untuk dipelajari karena memiliki banyak dialek, tetapi pada umumnya terbagi menjadi 2 main sub dialek yang masih akan dibagi lagi.

Saat mempelajarinya, butuh pendengaran yang jelas, dan pelafalan yang tepat. Sebab, bahasa ini memiliki kosa kata yang cukup susah untuk diucap dan didengar, sehingga perlu teliti dan telaten dalam mempelajari bahasa daerah Banjar. (C)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga