Kenali 4 Penyebab Turunnya Gairah Seksual dan Cara Mengatasinya

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Jumat, 30 Desember 2022
0 dilihat
Kenali 4 Penyebab Turunnya Gairah Seksual dan Cara Mengatasinya
Jika gairah seksual menurun selama lebih enam bulan, maka hal itu perlu diwaspadai. Foto: Repro Haibunda.com

" Stres dan ketidakstabilan kesehatan mental berperan besar dalam kehidupan seksual. Tidak hanya menghilangkan minat untuk bercinta, tetapi juga menghilangkan semua kemungkinan untuk mencapai kenikmatan seksual "

KENDARI, TELISIK.ID - Hilang minat seseorang terhadap seks bukanlah hal yang aneh. Namun, tetap saja penting untuk kita mengetahui alasan dari hilangnya gairah tersebut agar tak sampai mengganggu kehidupan bersama pasangan.

Apalagi jika gairah seksual yang menurun selama lebih enam bulan, maka hal itu perlu diwaspadai.

Mengutip dari Tempo.co, berikut beberapa ciri-ciri gairah seksual seseorang menurun:

1. Stres yang meningkat

?Stres dan ketidakstabilan kesehatan mental berperan besar dalam kehidupan seksual. Tidak hanya menghilangkan minat untuk bercinta saja, tetapi juga menghilangkan semua kemungkinan untuk mencapai kenikmatan seksual. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu mengelola stres dengan olahraga, meditasi, atau hobi.

2. Masalah pada hubungan

?Tak bisa dipungkiri, masalah antara Anda dan pasangan tentu akan mempengaruhi kehidupan seksual pula. Untuk itu, penting bagi pasangan saling memahami. Hindari masalah, bahkan hal-hal sepele, bak di waktu berpacaran.

3. Ketidakseimbangan hormon

Baca Juga: Seberapa Dalam Ukuran Miss V?

?Kadang-kadang, ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan kurangnya minat pada seks. Ketidakseimbangan kadar estrogen, progesteron, dan testosteron dapat menyebabkan penurunan dorongan dan energi seksual, yang dapat sangat mempengaruhi kehidupan seks. Jika ada masalah ini, segera konsultasikan pada dokter untuk mengatasinya.

4. Gaya hidup tidak sehat

Kebiasaan minum alkohol berlebihan, penggunaan narkoba, dan merokok dapat menurunkan gairah seksual. Sementara itu, adapun cara menungkatkan gairah seseorang khususnya wanita yakni sebagai berikut, sebagaimana dikutip dari Kompas.com:

1. Jika penyebab gairah seksual menurun karena efek samping obat tertentu, diskusikan dengan dokter untuk meresepkan obat minim efek samping. Hindari sembarangan berhenti atau mengganti obat sendiri

2. Untuk masalah libido rendah karena masalah emosional, dokter biasanya merekomendasikan terapi konseling

3. Untuk meningkatkan gairah seksual wanita karena faktor hormonal, dokter umumnya merekomendasikan terapi estrogen. Minta rekomendasi dokter agar meresepkan obat penambah gairah seksual untuk meningkatkan libido rendah

Baca Juga: Viral Video Syur Mirip Aktor Zikry Daulay, Ayu Aulia: Sudah Lihat Aslinya

4. Olahraga secara teratur, kontrol dan kurangi stres

5. Sisihkan waktu untuk menjalin keintiman dengan pasangan

6. Untuk penyegaran, coba jajal eksperimen seksual yang baru bersama pasangan

7. Hindari zat yang bisa menurunkan libido seperti rokok dan alkohol. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga