Ini Buah yang Bisa Bikin Panjang Umur

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 04 Agustus 2023
0 dilihat
Ini Buah yang Bisa Bikin Panjang Umur
Anggur disebut sebagai buah terbaik untuk umur panjang Foto: Repro Liputan6.com

" Jika ingin menjadikan buah sebagai camilan, maka coba pilihlah anggur. Selain rasanya yang enak, anggur juga disebut-sebut jadi buah terbaik yang bisa memberikan umur panjang "

KENDARI, TELISIK.ID - Semua orang pasti ingin terlihat awet muda dan panjang umur. Tak sedikit dari mereka yang mencoba berbagai cara dan perawatan untuk mengurangi efek penuaan pada wajah maupun tubuh.

Dilansir dari Cnnindonesia.com, jika ingin menjadikan buah sebagai camilan, maka coba pilihlah anggur. Selain rasanya yang enak, anggur juga disebut-sebut jadi buah terbaik yang bisa memberikan umur panjang.

Hal ini ditemukan dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Foods. Studi menemukan konsumsi anggur dikaitkan dengan angka harapan hidup yang lebih tinggi. Lebih rinci, studi menemukan bahwa sebanyak 350 gram anggur yang ditambahkan ke dalam menu sehari-hari yang mencakup tinggi lemak memberikan manfaat kesehatan.

Misalnya saja, risiko masalah hati berlemak yang lebih rendah, meningkatkan kadar gen antioksidan, dan memperpanjang angka harapan hidup dengan meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

Mengutip EurekAlert, John Pezutto dari Western New England University yang terlibat dalam penelitian memperkirakan bahwa seseorang dapat hidup empat atau lima tahun lebih lama jika mengonsumsi anggur secara teratur.

Baca Juga: Intip Buah Hibrida dari Bentuk hingga Warna yang Unik

Namun demikian, studi tersebut masih terbatas pada objek penelitian tikus. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan pengaruh konsumsi anggur terhadap kesehatan manusia.

Anggur sendiri diketahui kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Manfaat anggur untuk memperpanjang angka harapan hidup ini diduga didapat berkat senyawa antioksidan yang ada di dalamnya. Senyawa antioksidan memang dipercaya dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang bisa memicu penyakit kronis.

"Apa yang membuat saya bersemangat tentang penelitian ini adalah bahwa akan ada lebih banyak studi yang dilakukan tentang antioksidan, dan peran mereka dalam mengelola dan mencegah penyakit secara umum," ujar ahli gizi terdaftar Laura McDermott, mengutip Eat This, Not That.

McDermott mencatat bahwa kandungan antioksidan pada anggur membantu tubuh melawan peradangan. Senyawa antioksidan itu di antaranya adalah resveratrol, katekin, quercetin, dan anthocyanin.

Baca Juga: Deretan Buah dengan Kandungan Gula Terbanyak

Dikutip dari Pramborsfm.com, dengan menambahkan anggur sebanyak dua cangkir ke dalam diet harian, anggur bisa mengurangi risiko lemak hati, meningkatkan kadar gen antioksidan, dan memperpanjang umur.

Sebagai catatan, konsumsi anggur yang disarankan dalam penelitian ini adalah memakan buah anggur secara langsung tanpa diolah sebelumnya.

Karena menurut para peneliti, mengonsumsi suplemen atau zat anggur tambahan tidak akan mencukupi kebutuhan konsumsi antioksidan harian. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga