Intip Buah Hibrida dari Bentuk hingga Warna yang Unik

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 05 Juli 2023
0 dilihat
Intip Buah Hibrida dari Bentuk hingga Warna yang Unik
Buah hybrid merupakan jenis buah yang dihasilkan dari persilangan 2 buah atau lebih. Persilangan ini menghasilkan jenis buah baru yang unik. Foto: Repro Okezone.com

" Buah hibrida memiliki bentuk yang unik dan seragam, lebih banyak mengandung air (juiciness), rasa yang lebih enak, dan lebih kaya kandungan nutrisi "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagian kita mungkin masih awam dengan buah hibrida. Buah hibrida merupakan jenis buah yang dihasilkan dari persilangan 2 buah atau lebih. Persilangan ini menghasilkan jenis buah baru yang unik.

Dari perkawinan silang ini, dihasilkan buah hibrida yang lebih tahan terhadap penyakit, hasil yang lebih konsisten dan lebih berkualitas, serta waktu pematangan buah yang dapat diprediksi.

Buah hibrida tidak hanya menguntungkan petani, tapi juga konsumen, karena buah hibrida memiliki bentuk yang unik dan seragam, lebih banyak mengandung air (juiciness), rasa yang lebih enak, dan lebih kaya kandungan nutrisi.

Berikut beberapa buah hibrida yang telah dihasilkan, dikutip dari Detik.com dan Agronet.id:

1. Pineberry

Baca Juga: 6 Jenis Buah Ini Bisa Atasi Dehidrasi Saat Puasa

Buah pineberry memiliki rasa seperti nanas. Nama pineberry merupakan gabungan dari pineapple (nanas) dan berry. Buah unik ini sudah ada sejak lama namun jenis buah berry lainnya seperti blackberry, blueberry, dan strawberry lebih dikenal orang.

2. Limequat

Buah ini hasil persilangan antara jeruk nipis dan kumquat. Hasil persilangan ini berhasil menghilangkan rasa asam, sehingga limequat memiliki rasa yang manis. Limequat mempunyai kulit yang lembut.

3. Tangelo

Baca Juga: Kolesterol Pasca Lebaran, Redakan dengan 5 Buah Ini

Tangelo dihasilkan dari persilangan buah jeruk keprok dan pomelo. Dibuat oleh seorang ahli biologi USDA bernama Walter Swingle pada tahun 1911. Tangelo mengandung banyak air (super juicy) dan berukuran lebih besar dibandingkan jeruk keprok biasa.

4. Ugli

Ugli adalah nama merek dagang untuk Tangelo Jamaika. Namun Cabel Hall Citrus Company menambahkan jenis jeruk lain ke dalam campuran tangelo untuk membuat varian lain untuk mendapatkan rasa jeruk yang lebih kuat. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga