Ini Fakta Musda KNPI Sultra, Diwarnai Saling Pukul Antar Pemuda dan Putra Ali Mazi Resmi Menjabat

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 30 Mei 2021
0 dilihat
Ini Fakta Musda KNPI Sultra, Diwarnai Saling Pukul Antar Pemuda dan Putra Ali Mazi Resmi Menjabat
Putra Ali Mazi yang resmi menjabat Ketua KNPI. Foto: Ist.

" Video berdurasi 17 detik mempertontonkan dua orang pemuda yang hadir di Musda KNPI saling pukul "

KENDARI, TELISIK.ID - Musyawarah Daerah (Musda) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sultra diwarnai saling pukul antar pemuda.

Dalam video yang berdurasi 17 detik yang diterima Telisik.id, mempertontonkan dua orang pemuda yang hadir di Musda KNPI saling pukul.

Terlihat pemuda yang berkemeja panjang putih melompat di atas kursi melayangkan pukulan pada pria yang berkemeja merah. Pemuda itupun membalas dengan melemparkan kursi.

Terlihat juga ada seorang aparat kepolisian yang cepat melerai bersama pemuda lain yang ada di lokasi kegiatan Musda KNPI tersebut.

Belum diketahui penyebab kericuhan yang diwarnai saling pukul antar pemuda di Musda KNPI itu.

Sebelumnya, Gubernur Sultra Ali Mazi membuka Musda KNPI Sultra ke-15, yang digelar di salah satu hotel ternama di Kota Kendari, Sabtu (29/5/2021).

Baca Juga: Polres Kendari Turunkan 220 Personil Gabungan Amankan Musda KNPI Sultra

Dalam sambutannya, Ali Mazi mengatakan, KNPI bisa menjadi wadah untuk menghimpun berbagai organisasi kepemudaan (OKP) yang ada di Sultra dan dapat menciptakan pemuda yang berkompetensi universal, tangguh, bermoral, intelektual, dan berintegrasi.

“Saya berharap agar seluruh pemuda, khususnya yang tergabung dalam KNPI dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam mendukung kemajuan Bumi Anoa Sultra melalui program Garbarata,” jelas Ali Mazi.

Lewat Musda ke-15 KNPI Sultra tersebut, Alvin Akawijaya Putra yang diketahui putra dari Gubernur Ali Mazi, resmi dilantik sebagai Ketua KNPI Sultra, Minggu (30/5/2021). 

Pelantikan sempat molor karena para peserta dan Ketua KNPI Alvin Akawijaya Putra terlambat menghadiri Musda ke-15 KNPI Sultra.

"Terimakasih dukungan DPD dan OKP-OKP, saya berharap bisa meningkatkan sinergitas," ujar Alvin dalam video yang diterima Telisik.id.

Diketahui, lolosnya Alvin juga sempat menjadi kontroversi. Pasalnya, menjadi satu-satunya yang memenuhi syarat bakal calon (Balon) Ketua KNPI Sultra, pada Musayawarah Daerah (Musda) ke-15.

Alvin dinyatakan memenuhi syarat, setelah Steering Committee, melakukan verifikasi berkas, pada Jumat (28/5/2021) sore.

Baca Juga: Kapan Pendaftaran CPNS dan PPPK Dibuka? Begini Penjelasan BKN

Menurut anggota Steering Committee La Ode Hidayat, dari 16 orang yang mengambil berkas pencalonan, hanya lima yang mengembalikan berkas pendaftaran pada panitia Musda ke-15 KNPI Sultra, hingga penutupan pada Kamis (27/5/2021) pukul 00.00 Wita.

Hidayat menyebut, lima berkas Balon KNPI Sultra itu, kondisinya bermacam-macam. Ada kandidat menarik berkas dan tidak memenuhi syarat. Sehingga yang tersisa hanya ada satu nama yang akan dibawa pada forum Musda ke-15 KNPI Sultra yakni, Alvin Akawijaya Putra.

"Yang lolos bung Alvin Akawijaya Putra, yang menarik berkas bung Jaswanto setelah verifikasi. yang tidak memenuhi syarat ada dari bung Nawir Halid, bung Laode Hasanuddin Kansi, kemudian ada satu kandidat atas nama bung Erwin Gayus, berkasnya dibatalkan dalam proses verifikasi karena pihak DPD II KNPI (Muna dan Muna Barat) itu menarik rekomendasi, sehingga yang bersangkutan tidak diloloskan proses verifikasi," ungkap La Ode Hidayat. (B)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga