Ini Formasi CPNS dan PPPK 2023 yang Diprioritaskan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 26 Desember 2022
0 dilihat
Ini Formasi CPNS dan PPPK 2023 yang Diprioritaskan
Pegawai pemerintah mulai 2023 nanti hanya ada dua jenis, yakni PNS dan PPPK. Instansi pemerintah bisa merekrut pegawai namun dengan skema outsourching atau alih daya seperti untuk memenuhi tenaga kebersihan dan keamanan. Foto: Repro Batamnews.co.id

" Selain memberikan kemudahan peluang bagi fresh graduate, ternyata CPNS 2023 juga memberikan peluang lewat jalur khusus untuk kategori tertentu "

JAKARTA, TELISIK.ID - Pemerintah sudah memberi sinyal pendaftaran CPNS dan PPPK tahun 2023 akan dibuka sebentar lagi. Pendaftaran CPNS 2023 ini bisa dimanfaatkan bagi fresh graduate tanpa persyaratan pengalaman kerja seperti PPPK 2022.

Dikutip dari Kontan.co.id, pemerintah memastikan akan membuka rekrutmen penerimaaan CPNS dan PPPK pada 2023. Hal tersebut ditegaskan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Abdullah Azwar Anas.

"Untuk tahun 2023, pemerintah melakukan rekrutmen CPNS dan PPPK," ujarnya dikutip dari Kontan.co.id, Senin (26/12/2022). 

Lebih lanjut Anas menyebutkan, kebutuhan rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun depan untuk seleksi PPPK yakni guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis. Proyeksinya sebanyak 424.843 formasi instansi daerah dan 93.195 formasi instansi pusat. 

Selain memberikan kemudahan peluang bagi fresh graduate, ternyata CPNS 2023 juga memberikan peluang lewat jalur khusus untuk kategori tertentu. Selain itu, akan disiapkan atau dikaji terkait pemenuhan formasi ASN Papua dan Papua barat serta Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua.

Baca Juga: Cuitan Hoaks Ruhut Sitompul Dikecam Netizen

Kementerian PAN-RB menegaskan, setelah honorer dihapus, status pegawai pemerintah mulai 2023 nanti hanya ada dua jenis, yakni PNS dan PPPK. Instansi pemerintah bisa merekrut pegawai namun dengan skema outsourching atau alih daya seperti untuk memenuhi tenaga kebersihan dan keamanan.

Melansir Klikpendidikan.id, terdapat 4 formasi pada CPNS 2023 akan diprioritaskan. Formasi tersebut antara lain:

- Formasi cumlaude

Program ini dirancang untuk siswa yang menyelesaikan studi mereka dan menerima gelar cumlaude. Ketika Anda mendaftar melalui formasi ini, lebih sedikit pelamarnya daripada ketika Anda mendaftar melalui formasi biasa.

- Formasi Diaspora

Bagi warga negara Indonesia yang pernah tinggal di luar negeri, telah ditawarkan formasi khusus. Namun, ada persyaratan yang harus dilengkapi, seperti melanjutkan studi di luar negeri atau memulai pekerjaan, sebelum Anda dapat mendaftar melalui formasi khusus ini.

Baca Juga: LKPP Target 90 Persen Pengadaan 2023 untuk Produk Dalam Negeri

- Formasi disabilitas

Meskipun memiliki keterbatasan, Anda masih bisa memenuhi syarat untuk mengikuti proses seleksi CPNS 2023. Bahkan, program pelatihan khusus telah dikembangkan bagi mereka yang memiliki keterbatasan yang ingin bekerja di pemerintahan.

- Formasi putra-putri Papua Barat

Formulir khusus disediakan bagi masyarakat atau putra-putri Papua Barat untuk mendaftar seleksi CPNS. Hal ini menandakan bahwa pesaingnya lebih sedikit dibandingkan jika mendaftar melalui formasi umum. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga