Ini Kebiasaan yang Bisa Bikin Kadar Hb Tinggi

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 06 September 2023
0 dilihat
Ini Kebiasaan yang Bisa Bikin Kadar Hb Tinggi
Kadar Hb yang tinggi terjadi bila jumlah Hb dalam darah Anda berada di atas kisaran normal. Adapun jumlah Hb yang normal tergantung pada banyak faktor, termasuk usia dan jenis kelamin. Foto: Harapanrakyat.com

" Hemoglobin (Hb) merupakan salah satu kandungan dalam sel darah merah yang memberikan warna merah pada darah serta membantu mentransfer oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh "

KENDARI, TELISIK.ID - Hemoglobin (Hb) merupakan salah satu kandungan dalam sel darah merah yang memberikan warna merah pada darah serta membantu mentransfer oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Fungsi lain dari hb adalah membawa karbondioksida dari seluruh tubuh kembali ke paru-paru untuk dikeluarkan. Pada kondisi tertentu, kadar hemoglobin bisa rendah atau tinggi pada tubuh seseorang.

Kadar Hb yang tinggi terjadi bila jumlah Hb dalam darah Anda berada di atas kisaran normal. Adapun jumlah Hb yang normal tergantung pada banyak faktor, termasuk usia dan jenis kelamin.

Melansir laman Hellosehat.com, berikut adalah kisaran kadar hemoglobin normal berdasarkan usia dan jenis kelaminnya.

Baca Juga: Benarkah Wanita Harus Orgasme jika Ingin Hamil?

Bayi yang baru lahir: 14-24 gm/dL (grams per deciliter).

Bayi: 9,5-13 gm/dL.

Pria dewasa: 13,8-17,2 gm/dL.

Wanita dewasa: 12,1-15,1 gm/dL.

Kadar Hb tinggi biasanya diketahui melalui pemeriksaan darah lengkap. Artinya, komponen darah lainnya juga diukur saat pemeriksaan ini, termasuk jumlah sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit. 

Berikut penyebab Hb tinggi dikutip dari Kompas.com:

- Merokok

Sel darah merah dan hemoglobin meningkat untuk mengimbangi tingginya kadar karbon monoksida dalam asap rokok.

- Tinggal di dataran tinggi

Tekanan oksigen yang lebih rendah di lingkungan dataran tinggi membuat tubuh membutuhkan lebih banyak hemoglobin untuk memenuhi kebutuhan oksigen.

- Dehidrasi

Dehidrasi dapat menyebabkan hasil tes darah menunjukkan kadar Hb tinggi palsu.

- Dehidrasi

Bila selama ini Anda kurang minum, bisa jadi itulah penyebab kadar hemoglobin Anda meningkat. Hal ini lantaran saat dehidrasi, volume plasma darah (bagian darah yang cair) akan menurun dan secara otomatis meningkatkan jumlah hemoglobin 

Dehidrasi ini sendiri bisa terjadi jika Anda kekurangan cairan. Misalnya, akibat kurang minum atau mengalami diare yang memaksa Anda mengeluarkan banyak cairan dari dalam tubuh. 

- Penyakit jantung bawaan

Penyakit jantung bawaan merupakan kelainan struktur jantung yang dialami sejak lahir. Kelainan ini terbentuk atau berkembang saat bayi masih ada di dalam perut sang ibu.

Penyakit ini dapat menyebabkan berbagai gangguan pada sirkulasi darah. Misalnya, darah yang melewati paru-paru terlalu banyak atau sedikit, atau terlalu sedikit darah yang mengalir ke seluruh tubuh. 

Baca Juga: Kenali 4 Jenis Pelumas Seks yang Aman Bagi Organ Intim

- Minum obat penambah hormon

Mengonsumsi obat penambah hormon, seperti erythropoietin dan steroid anabolik, juga dapat menjadi penyebab kadar Hb tinggi.

Erythropoietin adalah obat hormon yang digunakan untuk mengobati anemia pada penderita penyakit ginjal. Obat ini dapat meningkatkan produksi sel darah merah dan hemoglobin.

- Penyakit ginjal

Beberapa penyakit ginjal, seperti penyakit ginjal polikistik dan kanker ginjal, juga dapat meningkatkan jumlah sel darah merah dan kadar hemoglobin pada penderitanya.

Bukan cuma itu, pasien yang menjalani prosedur transplantasi ginjal juga umum mengalami kondisi serupa. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga