Meski Sakit, Waxing Punya 5 Manfaat Dibanding Mencukur

Sasmiraza, telisik indonesia
Rabu, 07 September 2022
0 dilihat
Meski Sakit, Waxing Punya 5 Manfaat Dibanding Mencukur
Salah satu manfaat waxing yaitu membuat bulu atau rambut halus tumbuh lebih lambat apabila melakukan rutinitas waxing yang teratur. Foto: Repro grid.id

" Beberapa bagian tubuh memiliki bulu yang lebih panjang daripada bagian lainnya, misalnya di bagian kaki dan ketiak. Sebagian orang tidak menyukainya sehingga memutuskan untuk menghilangkan bulu-bulu tersebut "

KENDARI, TELISIK.ID - Beberapa bagian tubuh memiliki bulu yang lebih panjang daripada bagian lainnya, misalnya di bagian kaki dan ketiak. Sebagian orang tidak menyukainya sehingga memutuskan untuk menghilangkan bulu-bulu tersebut.

Namun, selalu muncul pertanyaan bagaimana cara terbaik menghilangkannya, dengan waxing atau cukur?

Keputusan yang diambil bisa berdampak signifikan pada kehidupan sehari-hari. Waxing mungkin tampak lebih menyakitkan daripada mencukur, tetapi lebih efisien dalam jangka panjang.

Tapi tahukah kamu? Sebenarnya waxing memberikan manfaat lebih banyak dibandingkan mencukur. Berikut 5 manfaat waxing yang perlu kamu tahu, dilansir dari berbagai sumber:

1. Hasil Halus dan Tahan Lama

Jika menggunakan wax alih-alih mencukur, kulit bisa menjadi halus selama hampir tiga minggu, sedangkan mencukur hanya bertahan beberapa hari sebelum bulu-bulu tumbuh kembali. Ini karena waxing menghilangkan rambut dari akar sehingga butuh waktu lebih lama untuk tumbuh.

2. Minim Risiko Luka dan Gatal

Mencukur dapat menyebabkan luka dan memar. Ketika kulit terkena pisau cukur, ada risiko infeksi. Waxing memungkinkan mencabut rambut-rambut halus tanpa goresan dan luka yang menyakitkan yang disebabkan oleh pisau silet. Selain itu, mencukur dapat menyebabkan folikel rambut meradang, gatal, rambut tumbuh ke dalam, dan luka akibat pisau cukur.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Bisa Atasi Bau Badan Tak Sedap

3. Angkat Sel Kulit Mati

Waxing memiliki manfaat tambahan untuk membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Pengangkatan sel kulit mati akan melembutkan kulit. Tapi bukan berarti sebelum melakukan waxing, orang tidak boleh melakukan eksfoliasi. Lakukan eksfoliasi kulit beberapa hari sebelum waxing untuk menghindari rambut tumbuh ke dalam

Sebagian orang memperhatikan bahwa kulit mereka tampak lebih gelap setelah mencukur, sedangkan ini tidak terjadi setelah waxing.

4. Bulu Lebih Lambat Tumbuh

Melakukan rutinitas waxing yang teratur dapat membuat bulu atau rambut halus tumbuh lebih lambat. Jika sudah sering melakukan waxing untuk waktu yang lama, rambut hampir tidak terlihat saat tumbuh kembali.

Ini dimungkinkan karena waxing terus-menerus melemahkan folikel rambut, membuatnya tampak lebih tipis dan lebih halus. Saat mencukur, bulu hanya dipotong di bagian paling tebal dari folikel, menyebabkannya tumbuh kembali lebih tebal.

5. Atasi Kulit Kusam

Selain membuat lebih halus, pengangkatan sel kulit mati dengan waxing juga bisa mengatasi masalah kulit kusam dan efektif mencegah bulu tumbuh ke dalam (ingrown hair).

Bulu yang tumbuh ke dalam dapat mengakibatkan benjolan kecil dan peradangan pada kulit.

Jika tidak berhati-hati, waxing juga bisa membuat kulit terlihat seperti terbakar dan tergores jika wax yang digunakan terlalu panas. Ini sering terjadi pada proses waxing yang dilakukan di rumah bukan ditangani oleh profesional.

Baca Juga: 5 Penyakit Ini akan Muncul Jika Jarang Ganti Sarung Bantal

Apabila kamu tertarik melakukan waxing, ada beberapa persiapan yang bisa dilakukan untuk meminimalisasi rasa sakit:

Pertama, lakukan eksfoliasi 48 jam sebelum waxing agar kulit beradaptasi. Kemudian jangan mencukur setidaknya 5-7 hari sebelum waxing.

Pilihlah produk yang berbahan dasar alami. Selain itu, jangan lupa menggunakan pelembap sehabis melakukan waxing. (C)

Penulis: Sasmiraza

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga