Ini Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, Sebulan hingga Ratusan Juta

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 04 Desember 2023
0 dilihat
Ini Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, Sebulan hingga Ratusan Juta
Bekerja sebagai CEO, CFO, dan COO bisa menjadi opsi pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia dengan kisaran gaji dalam sebulan sebesar Rp 150 juta hingga Rp 250 juta. Foto: Kompas.com

" Tiap pencari kerja mempertimbangkan besaran gaji untuk mau berkarir di sektor atau perusahaan mana. Pertimbangan ini bukan hal yang salah. Pasalnya, ada berbagai kebutuhan hidup yang harus dipenuhi "

KENDARI, TELISIK.ID - Tiap pencari kerja mempertimbangkan besaran gaji untuk mau berkarir di sektor atau perusahaan mana. Pertimbangan ini bukan hal yang salah. Pasalnya, ada berbagai kebutuhan hidup yang harus dipenuhi.

Berdasarkan hasil survei dari situs pencari kerja dan komparasi gaji, Salary Explorer, ada 10 pekerjaan di Indonesia dengan gaji tertinggi 2023 seperti dikutip dari Cnnindonesia.com dan Detik.com:

1. C-Suite

Tak hanya di Indonesia, pekerjaan sebagai C-Suite juga merupakan pekerjaan yang gajinya besar di dunia. Sebab, jabatan C-Suite menentukan kesuksesan perusahaan yang dipimpinnya.

Jabatan C-Suite ini beragam, mulai dari Chief Executive Officer (CEO), Chief Financial Officer (CFO), sampai Chief Operating Officer (COO). Berdasarkan Laporan Michael Page 2022, kisaran gaji C-Suite mulai dari Rp 150 juta sampai Rp 250 juta per bulan.

Baca Juga: Ini Pekerjaan Santai dan Unik Gajinya Tembus Rp 21,5 Juta

Besaran gaji CEO, CFO, dan COO ini umumnya ditentukan oleh pengalaman karir yang dimiliki, skala bisnis perusahaan yang dipimpin, hingga sektor bisnis perusahaan.

Bekerja sebagai CEO, CFO, dan COO bisa menjadi opsi pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia untuk wanita. Sebab, saat ini sejumlah perusahaan besar memberi kesempatan kepada perempuan untuk memimpin perusahaannya.

2. Ahli Bedah atau dokter

Menurut survey Salary Explorer, gaji ahli bedah dan dokter menempati posisi pertama sebagai gaji tertinggi di Indonesia. Profesi yang satu ini memang sudah sejak lama dikenal mampu memberikan gaji besar, yang pada 2023 ini berkisar di Rp 23,9 juta hingga 68,7 juta.

3. Direktur risiko

Pekerjaan yang gajinya tak kalah fantastis adalah direktur risiko. Meski begitu, posisi ini mengemban tanggung jawab yang juga besar. Mulai dari menganalisis risiko keuangan, strategi, hingga kepatuhan di perusahaan.

Jika salah langkah, tentu perusahaan justru bisa merugi. Tak heran, jabatan ini memiliki gaji yang besar sebagai imbalan dari keahlian yang dibutuhkan.

Rata-rata gaji direktur risiko di perusahaan besar di Indonesia sekitar Rp 180 juta per bulan. Umumnya, direktur risiko di perusahaan perbankan dan industri jasa keuangan lain yang memiliki gaji besar.

4. Manajer penjualan di perusahaan multinasional

Jabatan manajer penjualan, khususnya di perusahaan konsumer dan ritel multinasional, memiliki rata-rata gaji berkisar Rp 175 juta per bulan. Pekerjaan ini memiliki tugas untuk memastikan hasil penjualan meningkat setiap tahunnya. Target lain adalah meningkatkan skala bisnis perusahaan alias pangsa pasa.

Baca Juga: Ini Pekerjaan Terbaik Menurut Rasulullah

5. Hakim

Memiliki tanggung jawabnya yang besar, hakim menempati posisi kedua sebagai profesi dengan gaji tertinggi di Indonesia. Survey Salary Explorer mencatat gaji untuk profesi ini berkisar antara Rp 20 juta hingga Rp 57,7 juta.

6. Pengacara

Masih dari profesi di bidang hukum, pengacara menempati posisi ketiga sebagai profesi dengan gaji terbesar di Tanah Air. Menurut Salary Explorer, hal ini karena peran pengacara secara langsung dapat turut menentukan nasib kliennya di mata hukum.

"Alasan utama pengacara mengumpulkan banyak duit karena nilai mereka di mata klien," tulis laman tersebut. Gaji pengacara di Indonesia pada 2023 ini berada di kisaran Rp 16,3 juta hingga Rp 47 juta. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga