adplus-dvertising

Ini Resep Permen Dalgona yang Viral di Drama Korea Squid Game

Haerani Hambali, telisik indonesia
Kamis, 30 September 2021
1183 dilihat
Ini Resep Permen Dalgona yang Viral di Drama Korea Squid Game
Permen dalgona yang viral. Foto: Repro idntimes.com

" Keunikan permen dalgona yang ada di drama Squid Game adalah bentuknya yang menantang, seperti lingkaran, segitiga, bintang, dan payung "

KENDARI, TELISIK.ID - Pencinta kuliner Korea Selatan pasti sudah tahu apa itu permen dalgona. Permen yang terbuat dari brown sugar dengan sedikit baking powder ini sangat populer di Negeri Ginseng.

Permen dalgona menjadi viral karena ada dalam drama Korea Squid Game yang tengah menjadi perbincangan. Dalam drama yang mengangkat soal permainan anak-anak Korea tersebut, ada sebuah permen yang bikin penasaran para penonton, yaitu permen dalgona.

Dikutip dari Suara.com, permen dalgona yang menjadi inspirasi dalam permainan di drama tersebut diciptakan sekitar tahun 1950 - 1953, ketika Korea masih dijajah oleh tentara Amerika. Kala itu, tentara Amerika sangat suka memberikan permen dalgona kepada anak-anak kecil yang ada di Korea.


Permen dalgona sendiri saat itu harganya mahal, dan tidak bisa ditemukan di Korea. Namun dengan inisiatif tinggi orang Korea, mereka kemudian membuat sendiri permen dalgona dari gula dan baking soda.

Keunikan permen dalgona yang ada di drama Squid Game adalah bentuknya yang menantang, seperti lingkaran, segitiga, bintang, dan payung.

Ternyata permainan mengopek permen dalgona sudah ada sejak tahun 1970-1980-an. Permainan tersebut menjadi permainan yang kompetitif dan seru bagi anak kecil di Korea.

Nikmatnya bukan main, berikut resep permen dalgona yang manis buat teman menonton drama Squid Game di rumah, seperti dikutip dari idntimes.com.

Bahan-bahan:

2 sdm brown sugar

1/4 sdt baking powder

tusuk gigi atau peniti

cetakan berbentuk bulat, bintang, payung, atau segitiga

gelas atau piring yang bawahnya rata

Baca Juga: Kedai Ratu Alam, Sajikan Kuliner Khas Muna

Baca Juga: Cara Membuat Dimsum Ayam Gurih Kenyal, Bisa Jadi Ide Usaha Rumahan

Cara membuat:

1. Siapkan semua bahan yang ada di samping kompor. Kemudian, nyalakan api kompor kecil saja dan letakkan sendok di atasnya. Tuang beberapa sendok brown sugar ke sendok dan aduk sampai larut kecokelatan.

2. Bila brown sugar sudah larut sempurna, segera masukkan baking powder secukupnya. Aduk kuat adonan gula selama 5-10 detik. Kalau sudah berbusa, angkat dari api dan tunggu mengembang sampai dua kali lipat.

3. Siapkan alas untuk menaruh permen dalgona yang sudah matang. Lalu tekan dengan piring yang bawahnya rata.

4. Cetak dengan cetakan yang bentuknya sesuai dengan keinginanmu.

5. Permen dalgona sudah siap untuk dipotong bagian tepinya memakai peniti atau tusuk gigi.

Jumlah: 2 porsi

Lama pengerjaan: 30 menit. (C)

Reporter: Haerani Hambali

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga