Ini Tanda Malam Lailatul Qadar Menurut Sains

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 13 April 2023
0 dilihat
Ini Tanda Malam Lailatul Qadar Menurut Sains
Tanda-tanda malam Lailatul Qadar selain dijelaskan lewat hadis juga memiliki tanda khusus yang bisa dilihat lewat sains. Foto: Repro Idntimes.com

" Bisakah kita mengetahui kapan malam Lailatul Qadar dengan sains? Ternyata ada tanda-tanda Lailatul Qadar menurut sains "

KENDARI, TELISIK.ID - Selama Ramadan, umat Muslim berlomba-lomba mendapatkan malam Lailatul Qadar. Lailatul Qadar sendiri berasal dari dua kata yakni Lailah (malam) dan Al-Qadr (mulia atau takdir).

Dengan begitu, Lailatul Qadar artinya malam yang mulia atau malam takdir. Dalam hadis, disebutkan sejumlah ciri ketika malam Lailatul Qadar terjadi. Di antaranya malam yang tenang, damai, serta tidak panas udaranya, seperti dilansir dari Detik.com.

Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya malam itu adalah malam yang lembut, cerah, tidak panas dan tidak dingin. Pada malam itu turun rahmat kepada manusia." (HR. Ahmad).

Selain itu, tanda-tanda Malam Lailatul Qadar adalah malam dipenuhi cahaya, baik di langit maupun di bumi.

Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: "Sesungguhnya malam itu adalah malam yang cerah putih seperti pagi harinya. Tidak ada malam yang menyerupainya." (HR. Ahmad).

Baca Juga: Ini Cara Raih Malam Lailatul Qadar

Namun, bisakah kita mengetahui kapan malam Lailatul Qadar dengan sains? Berikut tanda Lailatul Qadar menurut sains dikutip dari Sindonews.com.

1. Tidak ada meteor

Mengenai tidak adanya meteor ini dijelaskan dalam dalil dari At-Thabrani dengan sanad yang hasan. Meteor disini dianggap sebagai sebuah bahaya yang dikirimkan setan.

Dari sisi sains, seorang ilmuwan dari Mesir bernama Dr. Abdul Basit Muhammad, mengungkapkan bahwa Badan Antariksa Amerika (NASA) dapat memberikan penjelasan ilmiah tentang tanda tidak adanya meteor di langit Bumi.

Ilmuwan NASA, Karnar, menjelaskan pada koran “Delegation” Mesir bahwa NASA telah menemukan 10 ribu bintang dan 20 ribu meteor yang biasanya menabrak Bumi setiap hari, dan berhenti saling menabrak pada malam Lailatul Qadar.

2. Tanda kosmik yang berbeda dari malam lainnya

Baca Juga: Sambut Malam Lailatul Qadar, Begini Rukun dan Niat Itikaf

Penjelasan tentang perbedaan tanda kosmik ini dijelaskan oleh Astronom Saudi, Khaled Al-Zaqaq. Menurutnya terdapat beberapa tanda kosmik, astronomi, dan iklim yang menyertai Lailatul Qadar. Al-Zaaq juga menambahkan bahwa kemungkinan besar tanda-tanda ini terjadi pada malam tertentu di masa Nabi Muhammad SAW.

3. Matahari yang tidak terik

Matahari yang tidak bersinar terik ini berkaitan dengan tanda-tanda astrologi. Matahari yang terbit di pagi hari tanpa sinar terang ini dipercaya sedang adanya malaikat yang tengah memenuhi Bumi di malam Lailatul Qadar.

Sehingga aktivitas mereka menghalangi teriknya sinar matahari. Apabila dijelaskan dalam sains maka peristiwa ini berkaitan dengan penjelasan Khaled Al-Zaqaq terkait perbedaan tanda kosmik, astronomi dan iklim di malam Lailatul Qadar. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga