Ini Tanda Orang Toxic yang Perlu Dihindari

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 18 Juni 2023
0 dilihat
Ini Tanda Orang Toxic yang Perlu Dihindari
Pernah mendengar sebutan orang toxic? Sebutan ini biasanya diberikan pada orang-orang yang suka menyusahkan dan merugikan orang lain. Foto: Hellosehat.com

" Orang toxic akan membuat lingkungan atau orang-orang di sekitarnya merasa terganggu dan dirugikan, entah itu karena ucapan maupun tingkah lakunya. Oleh karena itu, orang toxic tidak disukai dan dijauhi oleh orang lain "

KENDARI, TELISIK.ID - Orang toxic akan membuat lingkungan atau orang-orang di sekitarnya merasa terganggu dan dirugikan, entah itu karena ucapan maupun tingkah lakunya. Oleh karena itu, orang toxic tidak disukai dan dijauhi oleh orang lain.

Orang-orang yang dianggap toxic seringkali membuat Anda merasa sedih, tidak berharga, frustrasi, dan bahkan merasa bersalah atas kesalahan yang tidak Anda lakukan.

Berikut ciri-ciri orang toxic yang perlu dihindari:

1. Merasa lebih hebat dibanding orang lain

Melansir Yoursay.id, kita mungkin memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain, entah itu kemampuan maupun pengetahuan. Namun kelebihan tersebut jangan sampai membuat kita besar kepala dan merasa paling hebat.

Baca Juga: Ini Perlu Dilakukan Sebelum Nikah Agar Langgeng

Merasa paling hebat dibandingkan dengan orang lain adalah ciri-ciri dan awal mula orang menjadi toxic. Perasaan paling hebat ini akan memancing pelakunya untuk melakukan tindakan yang bisa merugikan orang lain. Hal ini bisa disebabkan oleh rasa angkuh yang dimilikinya.

2. Merendahkan orang lain

Selain merasa paling hebat sendiri, orang yang toxic suka merendahkan orang lain. Orang toxic menganggap orang lain tidak pandai, tidak kompeten, dan ketidakmampuan lainnya yang membuatnya meremehkan orang tersebut.

Pandangan meremehkan orang lain tersebut akan berdampak pada tindakan yang merugikan orang lain. Misalnya dalam bentuk perundungan pada orang lain yang menurutnya lebih rendah darinya. Padahal, belum tentu yang dirinya lebih baik dari yang direndahkan.

3. Hanya mau senangnya saja

Dikutip dari Hellosehat.com, salah satu ciri kepribadian toksik yang bisa Anda rasakan adalah mereka tidak ada buat Anda saat Anda membutuhkannya. Namun, mereka selalu memaksa Anda untuk menolong mereka saat mereka dilanda kesusahan.

Tidak sampai di situ saja, jika mereka memang telah membantu Anda, mereka tak segan memanfaatkan segala kesempatan untuk berkoar-koar tentang hal tersebut.

4. Suka mengontrol dan memanipulasi orang lain

Hal yang paling menyebalkan dari orang yang toksik adalah kebiasaan mereka yang suka mengontrol dan memanipulasi orang lain. Mereka akan membuat orang lain melakukan apa yang mereka inginkan untuk mencapai tujuan mereka.

Mereka juga tidak ragu untuk berbohong dan berkelit dengan sejuta alasan bila kebohongannya terkuak. Orang ini bisa membuat Anda merasa berhutang budi padanya.

5. Tidak mau mengakui kesalahan atau minta maaf

Selain menyebalkan dan merugikan Anda, orang toksik enggan minta maaf. Meski mereka sudah jelas-jelas salah, mereka akan menganggap kesalahan mereka itu disebabkan oleh orang lain.

Dalam banyak kasus, mereka mencoba untuk menjalin hubungan baik dengan orang lain tetapi sebenarnya untuk mencapai tujuan mereka sendiri. Mereka ingin memperoleh simpati dan perhatian dengan cara berpura-pura sebagai korban alias play victim.

Baca Juga: Miss V Kentut saat Berhubungan Seks? Ini Alasannya

6. Tidak mau mendengar pendapat orang lain

Karena merasa paling hebat dan menganggap remeh orang lain, orang yang toxic tidak akan mau mendengar pendapat orang lain. Hal ini karena ia menganggap bahwa pendapatnya sudah pasti benar sedangkan orang lain salah.

Padahal belum tentu demikian, bisa jadi pendapat dirinya salah dan pendapat orang lain benar. Sikap seperti ini tentu akan merugikan dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga