Ini Perlu Dilakukan Sebelum Nikah Agar Langgeng

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 18 Juni 2023
0 dilihat
Ini Perlu Dilakukan Sebelum Nikah Agar Langgeng
Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melangkah ke pernikahan, salah satunya adalah perjanjian pranikah yang dapat melindungi Anda dan pasangan dari risiko finansial dalam pernikahan. Foto: Imamhw.com

" Banyak hal yang harus dipersiapkan dan dilalui sebelum memutuskan untuk menikah. Apalagi, menikah adalah hal yang sakral dan tidak mudah "

KENDARI, TELISIK.ID - Banyak hal yang harus dipersiapkan dan dilalui sebelum memutuskan untuk menikah. Apalagi, menikah adalah hal yang sakral dan tidak mudah.

Sebelum menikah, keputusan harus dipikir baik-baik agar tidak terjebak dalam masalah di kemudian hari.  Hal ini juga membantu Anda meminimalisir terjadinya perceraian di masa yang akan datang.

Ada beberapa persiapan pernikahan yang harus disiapkan, di antaranya sebagai berikut:

1. Mencoba hidup sendiri

Dilansir dari Fimela.com, bagi yang pernah merantau atau ngekos saat kerja atau masa pendidikan. Pasti pernah merasakan hidup sendiri. Nah, hal tersebut sangat baik untuk membantumu menjadi lebih mandiri lagi. Pasalnya saat menikah tentunya sudah harus memiliki sifat mandiri dan beberapa hal harus dilakukan seorang diri.

Baca Juga: Miss V Kentut saat Berhubungan Seks? Ini Alasannya

2. Belajar memasak

Belajarlah memasak dengan resep-resep sederhana terlebih dahulu. Tidak semua dalam rumah tangga menuntut perempuan harus bisa memasak, tapi dengan belajar dan bisa berarti kamu memudahkan hidup kamu. Contohnya, ketika kamu, pasangan, atau anak lapar di tengah malam maka bisa membuatkan makanan walau sederhana.

3. Mengikuti konseling pranikah

Mengutip Prudential syariah.co.id, konseling pranikah dilakukan agar Anda dan calon pasangan memiliki gambaran tentang kehidupan pernikahan nanti. Hal ini dilakukan agar calon mempelai mampu hidup selaras dengan tuntutan dan petunjuk Allah SWT, sehingga dapat mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.

4. Kesiapan fisik, mental, dan finansial 

Pastikan Anda dan calon pasangan sudah siap memenuhi tugas sebagai seorang istri dan suami. Anda juga dapat memeriksakan kesehatan tubuh dan mental sebelum memutuskan untuk menikah.

Kesiapan finansial juga sangat penting bagi pasangan yang baru saja menikah. Kebutuhan sehari-hari yang semakin tinggi tentu membutuhkan kesiapan finansial yang cukup untuk menopang hidup.

Pasalnya, permasalahan finansial menjadi salah satu penyebab tingginya tingkat perceraian. Jadi, pastikan Anda sudah memiliki finansial yang cukup untuk rumah tangga.

5. Membuat perjanjian pranikah 

Di Indonesia membuat perjanjian pranikah memang belum umum. Bahkan, seringkali dianggap sebagai bentuk ketidakpercayaan dengan calon pasangan. Namun, perjanjian pranikah ini dapat melindungi Anda dan pasangan dari risiko finansial dalam pernikahan.

Baca Juga: Terlihat Tinggi di Kamera, Deretan Artis Wanita Ini Ternyata Tak Lebih dari 155 Cm

Pasalnya, jika tidak ada perjanjian pranikah, risiko finansial seperti uutang yang pasangan Anda dapat selama masa pernikahan akan menjadi beban bersama. Dengan adanya perjanjian pranikah, segala risiko finansial akan ditanggung oleh pribadi masing-masing sehingga tidak akan memberatkan satu sama lain di kemudian hari.

6. Mengetahui makna pernikahan

Sangat penting bagi calon pengantin mengenal satu sama lain, termasuk mengetahui makna pernikahan bagi masing-masing individu. Kamu dan pasangan disarankan untuk membicarakan seputar hal-hal yang ingin dicapai dalam pernikahan, maupun gambaran pernikahan yang dimiliki oleh masing-masing pasangan. Cara ini penting untuk mengenal pasangan lebih baik dan mendiskusikan serta menyamakan persepsi tentang pernikahan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga