Intip Deretan Fakta Obat yang Harganya hingga Puluhan Miliar

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 29 November 2022
0 dilihat
Intip Deretan Fakta Obat yang Harganya hingga Puluhan Miliar
The United States Federal Drug Administration (FDA) telah menyetujui obat Hemgenix untuk penyakit pembekuan darah yang langka (Hemofilia B), digadang-gadang menjadi obat termahal di dunia. Foto: Repro Cnnindonesia.com

" Para peneliti memperkirakan biaya seumur hidup orang dewasa untuk setiap pasien dengan hemofilia B sedang hingga berat adalah sekitar USD21 juta (Rp 329 miliar) hingga USD23 juta (Rp 360 miliar) "

KENDARI, TELISIK.ID - The United States Federal Drug Administration (FDA) telah menyetujui obat Hemgenix. Obat ini untuk penyakit pembekuan darah yang langka (Hemofilia B) yang digadang-gadang menjadi obat termahal di dunia.

Dikutip dari Hellosehat.com, Hemofilia B adalah suatu penyakit yang terjadi karena tubuh kekurangan faktor pembekuan darah IX (sembilan). Kondisi ini biasanya diwariskan oleh ibu, tapi bisa juga terjadi ketika gen berubah atau bermutasi sebelum bayi dilahirkan.

Faktor koagulasi adalah protein yang berperan dalam proses pembekuan darah saat ada luka atau perdarahan. Tubuh manusia memiliki sekitar 13 jenis faktor pembekuan darah yang bekerja dengan trombosit. Ketika salah satu faktor pembeku berkurang, proses pembekuan darah pun tidak dapat terjadi dengan sempurna.

Berikut ini fakta obat Hemgenix yang kini menjadi obat termahal di dunia.

1. Hemgenix menjadi pengobatan terapi gen

Mengutip Kompas com, obat Hemgenix adalah pengobatan terapi gen untuk hemofilia B. Hemofilia B merupakan penyakit genetik langka yang menyebabkan darah sulit membeku. Bila tak segera diatasi dapat mengakibatkan pendarahan spontan dan berulang yang sulit dihentikan.

Baca Juga: Waspada, Ini 7 Ciri-Ciri Penyakit Gula yang Harus Diwaspadai

2. Harganya capai Rp 54 miliar

Per dosisnya, mencapai USD3,5 juta (Rp 54 miliar). Dengan harga yang super mahal tersebut, dampak obat tersebut diklaim sebanding karena bisa langsung menyembuhkan.

Dilansir dari Sindonews.com, para peneliti saat ini memperkirakan biaya seumur hidup orang dewasa untuk setiap pasien dengan hemofilia B sedang hingga berat adalah sekitar USD21 juta (Rp 329 miliar) hingga USD23 juta (Rp 360 miliar).

3. Mampu atasi pendarahan turun lebih dari 50 persen

Dua penelitian telah menguji kemanjuran dan keamanan Hemgenix. Dalam penelitian itu, 54 pasien dengan hemofilia B berat atau sedang, para peneliti menemukan peningkatan tingkat aktivitas Faktor IX, mengurangi kebutuhan akan terapi penggantian rutin yang saat ini tersedia untuk pasien.

Baca Juga: 3 Jenis Susu Aman Dikonsumsi Penderita Maag

Setelah menerima terapi gen, kondisi pasien mengalami pendarahan yang tidak terkendali turun lebih dari 50 persen. Hanya saja, ada efek samping seperti sakit kepala, gejala seperti flu, dan peningkatan enzim di hati, yang semuanya harus dipantau oleh dokter.

Peter Marks, Direktur Pusat Evaluasi dan Penelitian Biologi FDA mengatakan, terapi gen untuk hemofilia telah ada selama lebih dari dua dekade.

"Meskipun ada kemajuan dalam pengobatan hemofilia, pencegahan dan pengobatan episode perdarahan dapat berdampak buruk pada kualitas hidup individu," katanya dikutip dari Kompas.com. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga