3 Jenis Susu Aman Dikonsumsi Penderita Maag

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 27 November 2022
0 dilihat
3 Jenis Susu Aman Dikonsumsi Penderita Maag
Susu kedelai memiliki kadar lemak yang rendah tapi tak kalah dengan susu sapi dari segi protein. Itulah sebabnya susu kedelai bisa jadi pilihan yang tepat bagi pengidap maag. Foto: Repro Doktersehatcom

" Ada beberapa kandungan susu mengandung protein yang dapat merangsang produksi hormon gastrin "

KENDARI, TELISIK.ID - Pengidap asam lambung atau maag memang perlu lebih cermat dalam memilih jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi untuk mencegah gejalanya kambuh.

Penderita maag boleh minum susu, asalkan tahu mana saja susu yang boleh diminum. Karena ada beberapa kandungan susu mengandung protein yang dapat merangsang produksi hormon gastrin.

Mengutip Halodoc.com, hormon gastrin dapat meningkatkan produksi asam lambung, sehingga bisa memicu gejala maag. Namun, di sisi lain, gastrin meningkatkan gerakan otot sfingter dan mempercepat pengosongan lambung.

Berikut ini beberapa jenis susu yang aman bagi penderita maag.

1. Susu rendah lemak

Baca Juga: 5 Penyebab Asam Urat Tinggi di Usia Muda dan Cara Mengatasinya

Mengutip Hellosehat.com, susu yang cocok untuk penderita maag mengandung 0 – 2,5 persen lemak. Susu bebas atau rendah lemak bisa menjadi buffer sementara bagi lambung. Larutan yang bersifat buffer tidak mudah terpengaruh oleh perubahan pH (tingkat keasaman) lingkungannya. Jadi, suasana lambung Anda tidak akan bertambah asam.

2. Susu almond

Melansir Kompas.com susu almond memiliki pH sebesar 8,4. Nilai ini tergolong basa dan lebih tinggi dibandingkan pH susu sapi yang sebesar 6,8. Nilai pH tersebut bisa menetralisasi asam lambung. Tetaplah hati-hati mengonsumsi susu almond karena masih perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan bahwa kandungan susu almond betul-betul aman bagi penderita maag.

 Baca Juga: 6 Tanda Ini Orang Butuh Pakai Kacamata, Cek Segera

3. Susu kedelai

Meski kadar lemaknya rendah, susu kedelai tak kalah dengan susu sapi dari segi protein. Itulah sebabnya susu kedelai bisa jadi pilihan yang tepat bagi pengidap maag. 

Itulah sedikit penjelasan mengenai alasan susu memperparah maag dan jenis susu yang cocok untuk pengidap maag. Meski susu rendah lemak atau susu alternatif lainnya bisa jadi pilihan. Jika perut Telisikers masih terasa tidak nyaman setelah mengonsumsi susu, sebaiknya hubungi dokter terdekat. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga