Intip Profil Youssouf Fofana, Pemain Timnas Prancis yang Sukses Gapai Mimpi

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 15 Desember 2022
0 dilihat
Intip Profil Youssouf Fofana, Pemain Timnas Prancis yang Sukses Gapai Mimpi
Youssouf Fofana memiliki peran sangat krusial dalam tim asuhan Didier Deschamps di Piala Dunia 2022. Foto: Repro Ligaolahraga.com

" Youssouf Fofana sudah bermain lima dari enam laga Perancis dari babak penyisihan hingga semifinal Piala Dunia 2022 di Qatar "

QATAR, TELISIK. ID - Youssouf Fofana pemain Timnas Prancis, memiliki peran sangat krusial dalam tim asuhan Didier Deschamps di Piala Dunia 2022. Fofana memiliki karakter yang tepat guna membantu transisi Les Blues, julukan Perancis, baik transisi negatif maupun positif.

Mengutip Kompas.com, Youssouf Fofana sudah bermain lima dari enam laga Perancis dari babak penyisihan hingga semifinal Piala Dunia 2022 di Qatar. Fofana adalah seorang muslim asal Prancis yang lahir 10 Januari 1999 keturunan Mali.

Fofana adalah pemain sepak bola profesional Prancis yang bermain gelandang untuk klub Ligue 1 Monaco dan tim nasional Prancis. Fofana memulai karirnya dengan berbagai akademi muda di Paris, sebelum bergabung dengan akademi muda Strasbourg pada 21 Februari 2017 silam.

Melansir Portalpurwokerto.com, ia melakukan debutnya bersama Strasbourg dalam kekalahan 2-0 Ligue 1 dari Lyon pada 24 Agustus 2018 silam. Fofana memainkan pertandingan terakhirnya untuk Strasbourg pada 25 Januari 2020, dalam kemenangan tandang 3-1 atas Monaco.

Empat hari kemudian, dia dikontrak oleh Monaco seharga 15 juta euro atau Rp 249 miliar, Fofana melakukan debutnya pada tanggal 1 Februari, bermain selama 71 menit saat kalah tandang 3–1 dari Nice. Fofana adalah pemain internasional muda untuk Prancis dari level U-19 hingga U-21.

Baca Juga: Hasil Piala Dunia 2022: Prancis Duel Argentina di Final

Berikut ini profil Youssouf Fofana dilansir dari Tribunnews.com antara lain:

Nama Lengkap: Youssouf Fofana

Tempat Lahir: Paris, Prancis

Tanggal Lahir: 10 Januari 1999 (23 Tahun)

Kebangsaan: Prancis

Klub: AS Monaco

Posisi: Gelandang (AMF/RMF/DMF)

No Punggung: 19

Tinggi: 185 cm

2017: R Strasbourg B

2018 - 2020: R Strasbourg

2020 - Sekarang: AS Monaco

Sebelum menjadi pemain Timnas Prancis, kehidupan Youssouf Fofana penuh dengan perjuangan. Pada 2014 atau saat Fofana berusia 15 tahun, dia tak kunjung mendapatkan klub begitu lulus dari akademi Clairefontaine. Ia bahkan sempat bekerja sebagai tukang antar piza untuk menyambung hidup.

Baca Juga: Pemain Timnas Maroko Zakaria Aboukhlal Ternyata Hafidz Quran

"Saya perlu mencari pekerjaan dengan gaji bagus. Sulit dibayangkan saat ini, namun saat itu saya mengantar piza. Itu lucu dan berjalan selama beberapa bulan," ujar Fofana.

Bahkan, pada satu titik, Fofana nyaris menyerah dan meninggalkan sepak bola. Dia sempat ingin fokus kepada studinya saja.

"Enam bulan sebelum ujian persiapan menuju kuliah, saya bilang saya berhenti. Saya fokus ke sekolah," kata Fofana seperti dikutip dari Kompas.com.

Kini, berkat kegigihannya, ia menjadi pemain penting Timnas Prancis yang telah membesarkan namanya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga