Intip Spesifikasi Medium Tank Harimau Buatan Anak Negeri Diincar Banyak Negara

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Jumat, 02 Agustus 2024
0 dilihat
Intip Spesifikasi Medium Tank Harimau Buatan Anak Negeri Diincar Banyak Negara
Tank tempur yang diproduksi dalam negeri dan menjadi salah satu kendaraan lapis baja andalan TNI. Foto Repro Wikipedia

" Medium Tank Harimau, menjadi produk teknologi terbaru di dunia tank kelas menengah. Ini sebagai tonggak baru dalam kemampuan pertahanan Indonesia "

JAKARTA, TELISIK.ID - Medium Tank Harimau, menjadi produk teknologi terbaru di dunia tank kelas menengah. Ini sebagai tonggak baru dalam kemampuan pertahanan Indonesia.

Dengan berat sekitar 30 ton, kendaraan ini memadukan senjata utama turret kaliber 105mm dengan teknologi terkini yang memastikan kesiapan dalam pertempuran masa kini.

Kendaraan ini dilengkapi dengan two-man turret kaliber 105 mm serta senapan mesin kaliber 7,62 mm untuk daya gempur maksimum. Harimau Medium Tank didesain khusus untuk daerah operasi tropis seperti hutan karena memiliki bobot yang lebih ringan dari Main Battle Tank, seperti dilansir dari pindad.com, Jumat (2/8/2024).

Setelah melewati serangkaian uji kelaikan, Medium Tank Harimau berhasil lulus sertifikasi oleh Kemhan RI dan Dislitbang TNI AD pada tahun 2018, diikuti dengan penandatanganan kontrak pembelian 18 unit oleh Kementerian Pertahanan RI pada akhir tahun 2019.

Medium Tank Harimau tidak hanya menjadi pencapaian teknologi, tetapi juga hasil kerja sama erat dengan Pussenkav sebagai pengguna utama. Dengan konfigurasi mesin belakang yang mirip dengan tank-tank modern lainnya seperti Leopard 2 atau M1A2 namun dengan bobot yang lebih ringan, Medium Tank Harimau menawarkan mobilitas dan keandalan tinggi yang sesuai dengan kebutuhan operasi pertahanan masa depan.

Turret C3150 kaliber 105mm yang digunakan oleh Medium Tank Harimau adalah yang terbaru di kelasnya, memberikan daya tembak yang superior dalam segala kondisi, baik di medan perkotaan maupun pegunungan. Dilengkapi dengan teknologi canggih dan proteksi balistik tingkat tinggi, kendaraan ini mampu menahan berbagai ancaman termasuk ledakan ranjau hingga 10 kg di bawah rantai.

Baca Juga: Senjata Buatan Tanah Air Paling Mematikan, Pistol hingga Senapan Runduk Tembus Baja Tank dari Jarak 2 Kilometer

Pada acara Rapim TNI Polri 2024, Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, secara simbolis menyerahkan 10 unit Medium Tank Harimau batch pertama kepada jajaran pimpinan TNI dan Polri. Dukungan dari pemerintah dan industri pertahanan dalam pengembangan Medium Tank Harimau menegaskan komitmen Indonesia dalam meningkatkan kemampuan pertahanan negara.

Medium Tank Harimau, diproduksi oleh PT Pindad (Persero), merupakan salah satu tonggak penting dalam pengembangan industri pertahanan Indonesia. Didesain khusus untuk daerah operasi tropis, Medium Tank Harimau adalah simbol kekuatan baru Indonesia dalam menghadapi tantangan pertahanan modern, bersumber dari forkominhan.id.

Spesifikasi dari Medium Tank Harimau mencakup kru sebanyak tiga orang, bobot tempur antara 30 hingga 35 ton, dan kecepatan hingga 70 km/jam di jalan raya. Senjata utama terdiri dari turret kaliber 105 mm, granat asap, dan senapan mesin koaksial kaliber 7,62 mm.

Pada 6 Juni 2024, terdapat 29 orang dari 25 negara berbeda, termasuk Amerika Serikat, Australia, Brazil, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, dan Turki yang meninjau Medium Tank Harimau. Mereka tidak hanya meninjau tank ini, tetapi juga melakukan aksi menembak dengan beberapa senjata PT Pindad.

Perlu diketahui jika Medium Tank Harimau Indonesia merupakan alutsista terbaru yang dimiliki Indonesia. Satuan yang menggunakan Medium Tank Harimau secara perdana adalah Batalyon Kavaleri 13/Satya Lembuswana. Dijelaskan dari Instagram @yonkav_13 pada 11 Maret 2024, total ada 9 unit Medium Tank Harimau yang bertugas di Batalyon Kavaleri 13/Satya Lembuswana yang lokasinya berada di Kutai Kertanegara, Kaltim.

Penempatan Medium Tank Harimau di sana membuat alutsista canggih tersebut berada dekat dengan Ibu Kota Nusantara. Jika dilihat dari Google Maps, jarak antara Ibu Kota Nusantara dan markas Medium Tank Harimau hanya sekitar 60 km dengan jalur darat.

Markas Medium Tank Harimau berada di Utara Balikpapan, dekat dengan pesisir Kalimantan Timur, berdekatan antara Balikpapan dan Samarinda. Medium Tank Harimau merupakan kendaraan tank kelas medium modern pertama di dunia.

Baca Juga: Ini Senjata Maut Rusia yang Bikin Rontok Tank Abrams Amerika Seharga Ratusan Miliar

Medium Tank Harimau memiliki teknologi terkini yang tepat untuk pertempuran perang modern. Dengan bobot 30 ton, Medium Tank Harimau menggunakan senjata utama turret kaliber 105 mm serta dilengkapi berbagai teknologi canggih di kelasnya.

Dalam sejarahnya, pengembangan Medium Tank Harimau diinisiasi oleh Kementerian Pertahanan RI pada tahun 2012 dan menjadi salah satu program prioritas industri pertahanan. Oleh karenanya, program Medium Tank Harimau merupakan bagian dari program Revitalisasi Industri Pertahanan Nasional.

Pengembangan Medium Tank Harimau dimulai pada tahun 2015 yang bekerja sama dengan FNSS Turkiye berdasarkan perjanjian kerja sama. Kerja sama pengembangan Medium Tank Harimau merupakan Government to Government (G to G) antara pemerintah Indonesia dan Turkiye. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga