Jalan di Bombana Nyaris Putus, Masyarakat Diminta Tangani Seadanya

Hir Abrianto, telisik indonesia
Senin, 15 November 2021
0 dilihat
Jalan di Bombana Nyaris Putus, Masyarakat Diminta Tangani Seadanya
Jalan longsor di Kabaena. Foto: Ist.

" Akibat hujan lebat mengguyur wilayah Kepulauan Kabaena, Bombana, sejumlah ruas jalan yang menghubungkan beberapa desa nyaris putus tertimbun tanah longsor "

BOMBANA, TELISIK.ID - Akibat hujan lebat mengguyur wilayah Kepulauan Kabaena, Bombana, sejumlah ruas jalan yang menghubungkan beberapa desa nyaris putus tertimbun tanah longsor.

Salah satu pengguna jalan, Arsi kepada Telisik.id mengungkapkan, kendaraan baik roda dua maupun roda empat kesulitan untuk melintas, terhalang longsoran berupa bebatuan dan tanah di tengah jalan.

"Licin sekali jalanan. Ada beberapa titik longsor, ada juga yang hampir putus karena longsor akibat hujan deras tadi subuh," ujarnya melalui pesan WhatsApp-nya, Senin (15/11/2021).

Kepala BPBD Bombana, Andi Syarifuddin saat ditemui mengungkapkan, berdasarkan SOP, penanggulangan bencana dapat dilakukan jika pemerintah setempat yakni kelurahan dan desa melaporkan secara tertulis kepada pemerintah kabupaten.

"SOP kami untuk melakukan penanganan terhadap bencana alam, harus ada laporan tertulis dari masyarakat atau pemerintah setempat baik itu desa maupun kelurahan dan kecamatan," kata Andi Syarifuddin.

Baca Juga: Puluhan Tahun Tak Diaspal, Warga Butur Blokir Jalan

Baca Juga: Fraksi Demokrat Tak Ingin APBD 2022 Seperti Perubahan APBD yang Ditolak

Kalau bencana alam seperti longsor, Kepala BPBD Bombana meminta masyarakat untuk berbuat seadanya secara swadaya.

"Jarak ibu kota kabupaten dengan Pulau Kabaena jauh dan terkendala operasional. Maka kami harap masyarakat  berbuat dulu agar bisa melintas," tuturnya.

Pihaknya pun mengimbau agar masyarakat selalu waspada terhadap musibah bencana selama musim penghujan. (B)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga