Jalin Kerjasama dengan PT Tiran Group, UMW Motivasi Mahasiswa Terjun ke Dunia Entrepreneur

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Selasa, 12 Oktober 2021
0 dilihat
Jalin Kerjasama dengan PT Tiran Group, UMW Motivasi Mahasiswa Terjun ke Dunia Entrepreneur
Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU), antara UMW Kendari dan PT. Tiran Group. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Ratna Ummi mengungkapkan, kerjasama berlangsung selama empat tahun dan akan diperpanjang kembali "

KENDARI, TELISIK.ID - Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari resmi menjalin kerjasama dengan PT. Tiran Group, ditandai dengan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU), Selasa (12/10/2021).

Rektor UMW Kendari, Dr. Ratna Ummi Nurlila mengatakan, pihaknya ingin mengembangkan mahasiswa selain dari bidang kompetensi, juga mempunyai motivasi untuk terjun ke dunia entrepreuner.

"Sehingga dengan jalinan kerjasama ini bisa menjadi pengembangan untuk sumberdaya manusia. Kemudian, karena sekarang sudah ada arahan dari Kemenristekdikti bahwa kampus merdeka belajar juga bisa mengundang pihak industri untuk memberikan perkuliahan di kampus, hingga ini juga menjadi salah satu upaya dari kami untuk itu," paparnya.

Ratna Ummi mengungkapkan, kerjasama berlangsung selama empat tahun dan akan diperpanjang kembali.

"Poin-poin kerjasama ini adalah di bidang tridharma, bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan pengembangan sumber daya manusia," ujarnya.

Di tempat yang sama, Direktur utama PT. Tiran Group, Dr. C.H.M. Sattar Taba, berharap kerjasama tersebut bisa bernilai ibadah serta para alumni nantinya bisa berbakti khususnya di Sultra melalui industri yang tengah dibangun.

"Intinya adalah, bagaimana menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya, khususnya dari masyarakat Sulawesi Tenggara. Paling tidak, 80 sampai 90 persen penyerapannya," tutunya.

Baca Juga: Lewat Pentas Teatrikal, Mahasiswa IAIN Kendari Dukung Percepatan UIN

Baca Juga: UHO Kendari Teken MoU dengan PT Tiran Group

Sementara itu, Wakil Rektor III UMW Kendari, Toto Suryanto mengatakan, dengan adanya MoU tersebut bisa memberikan manfaat timbal balik bagi UMW maupun PT Tiran Group.

"Insya Allah dengan MoU ini menjadi landasan untuk melakukan kerjasama dalam pengembangan masing-masing pihak khususnya pengembangan kampus kami," ungkapnya.

Lebih lanjut, Toto Suryanto menambahkan, MoU tersebut menjadi dasar untuk menumbuhkan jiwa, karakter, dan skill dalam berusaha.

"Apalagi waktu hari Sabtu kemarin owner PT Tiran Group sudah memberikan motivasi kepada mahasiswa dan dosen kami untuk mengubah pola pokir, keluar dari zona nyaman dan  menjadi orang berkarakter," imbuhnya.

Ditambahkan, PT. Tiran Group membuka ruang untuk dijadikan dosen tamu, dan ini sangat baik karena UMW membutuhkan tenaga pengajar praktisi dari dunia usaha maupun dari  industri untuk memberikan sharing pengalaman kepada mahasiswa. (A)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga