Jangan Langsung Tidur, Wanita Perlu Lakukan Ini Setelah Berhubungan Intim, untuk Kesehatan Vagina

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 29 Juli 2023
0 dilihat
Jangan Langsung Tidur, Wanita Perlu Lakukan Ini Setelah Berhubungan Intim, untuk Kesehatan Vagina
Beberapa hal perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan Miss V setelah berhubungan seks. Foto: Repro Cnnindonesia.com

" Usai berhubungan seks biasanya akan melelahkan bagi para pasangan. Untuk itu, agar mencegah dehidras, penting untuk para wanita mengonsumsi air "

KENDARI, TELISIK.ID - Usai orgasme setelah berhubungan seks, beberapa orang memilih istirahat dan tidur. Padahal masih ada hal yang perlu dilakukan setelah bercinta, khususnya bagi wanita.

Lantas Apa saja hal yang perlu dilakukan setelah melakukan hubungan seks bersama pasangan? Dilansir dari Suara.com-jaringan Telisik.id dan Kompas.com, berikut beberapa hal yang perlu dilakukan oleh para wanita usai berhubungan seks.

1. Membersihkan Miss V dengan sabun dan air

Usai berhubungan seks, penting untuk para wanita membersihkan Miss V dengan sabun dan air. Untuk cara membersihkannya, wanita bisa menggunakan waslap hangat agar Miss V terasa nyaman.

Dengan membersihkan Miss V pakai sabun dan air, akan membantu menghindari adanya pertumbuhan bakteri di area intim. Untuk sabun yang digunakan juga penting dengan bahan dasar yang lembut dan tidak membahayakan Miss V.

2. Berendam di bak mandi

Baca Juga: Sama-Sama Pembuahan di Luar Seks, Ini Beda Inseminasi dan Bayi Tabung

Hal lain yang dapat dilakukan wanita usai berhubungan seks yaitu berendam di bak mandi. Berendam di air hangat akan membantu mencegah pembengkakan atau iritasi pada Miss V. Selain itu, berendam dapat membantu mencegah infeksi pada area intim.

3. Minum air

Usai berhubungan seks biasanya akan melelahkan bagi para pasangan. Untuk itu, agar mencegah dehidras, penting untuk para wanita mengonsumsi air. Selain mencegah dehidrasi, air juga membantu membuang bakteri sehingga menghindari risiko infeksi saluran kemih (ISK).

4. Konsumsi makanan kaya probiotik

Mengonsumsi makanan kaya probiotik seperti yogurt dan hidangan fermentasi lainnya memiliki bakteri baik yang sama dengan yang ditemukan di vagina. Dengan konsumsi makanan ini setelah berhubungan seks, dapat membantu mengisi kembali bakteri baik tubuh, membantu mengurangi risiko infeksi jamur.

5. Jangan pakai celana dalam

Usahakan usai berhubungan seks untuk tidak memakai celana dalam. Hal ini karena tidak menggunakan celana dalam akan membantu menghindari tubuh dari ISK atau infeksi lainnya. Jika pakai celana dalam, usahakan menggunakan bahan dari katun atau yang longgar agar bisa menjaga kemaluan tetap kering.

Baca Juga: Sama-Sama Pembuahan di Luar Seks, Ini Beda Inseminasi dan Bayi Tabung

6. Buang air kecil atau kencing

Usahakan untuk buang air kecil usai berhubungan seks. Hal ini karena jika tidak buang air kecil, itu bisa membuat bakteri berkembang biak. Oleh sebab itu, Usahakan untuk buang air kecil usai berhubungan seks.

7. Catat hal yang tidak nyaman

Penting juga untuk para wanita mengevaluasi hubungan seks yang telah dilakukan. Cobalah untuk mencatat hal-hal yang dirasa tidak nyaman ketika berhubungan seks. Hal tersebut dapat dikomunikasikan dengan pasangan atau berkonsultasi dengan dokter ahli untuk mencari solusinya. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga