Benarkah Kantong Teh Bekas Bermanfaat Bagi Mata? Simak Penjelasannya

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Senin, 12 Juni 2023
0 dilihat
Benarkah Kantong Teh Bekas Bermanfaat Bagi Mata? Simak Penjelasannya
Menggunakan kantong teh bekas untuk pengobatan rumahan adalah pilihan yang terjangkau. Namun, sebaiknya gunakan kantong bekas teh hitam, teh putih, atau teh hijau. Foto: Repro Hellosehat.com

" Menggunakan kantong teh bekas untuk pengobatan rumahan memang merupakan pilihan alami yang terjangkau "

KENDARI, TELISIK.ID - Banyak orang percaya bahwa meletakkan kantong teh di mata mengurangi lingkaran hitam dan membantu mengobati penyakit ringan. Lantas, benarkah demikian?

Menggunakan kantong teh bekas untuk pengobatan rumahan memang merupakan pilihan alami yang terjangkau. Selain itu, terdapat manfaat mulai dari mengurangi lingkaran hitam pada mata alias dark circles, mengempiskan mata bengkak, sampai mengatasi masalah mata merah. Namun, jangan pakai sembarang jenis teh celup.

Sebaiknya gunakan kantong bekas teh hitam, teh putih, atau teh hijau. Teh herbal juga bisa Anda gunakan, misalnya teh roiboos, teh chamomile, teh melati, dan teh daun mint.

Mengutip dari Cnnindonesia.com, berikut beberapa manfaat kantong teh bekas bagi mata:

1. Lingkaran hitam

Manfaat kantong teh yang pertama adalah dapat mengurangi lingkaran hitam pada mata atau juga dikenal dengan sebutan mata panda. Manfaat ini muncul karena teh mengandung kafein.

Kafein dapat membantu mempersempit pembuluh darah di sekitar mata dan mempersempit aliran darah, sehingga area yang menghitam ikut berkurang.

?2. Bintitan

Bintitan di pelupuk mata bagian luar juga bisa diatasi dengan menggunakan kantong teh bekas. Ini karena kandungan tanin yang tinggi pada teh.

Baca Juga: Ternyata Ampas Teh Bisa untuk Kecantikan, Berikut Manfaat dan Cara Gunakan

Munculnya bintitan disebabkan oleh infeksi bakteri. Selain memicu pembengkakan, bintitan biasanya disertai rasa nyeri dan tak nyaman.

Kandungan senyawa antibakteri dan analgesik pada teh ini juga bisa mengurangi pembengkakan dan iritasi pada mata bintitan. Tak hanya itu, teh chamomile juga memiliki kandungan senyawa yang menenangkan dan menyembuhkan kulit yang teriritasi.

?3. Radang mata

Manfaat kantong teh bekas untuk mata selanjutnya adalah bisa meredakan radang mata atau juga dikenal dengan istilah rosacea. Khususnya pada teh dengan varian lavender, chamomile, dan teh hijau.

Sebab, varian teh memiliki kandungan senyawa yang bersifat anti-inflamasi yang bisa mengurangi rosacea. Selain itu, kandungan ini bisa mengurangi kemerahan, iritasi, dan menenangkan kulit.

?4. Mata merah

Teh hitam punya kandungan yang bisa mempertahankan kelembapan mata, sehingga bisa digunakan saat mata merah.

?5. Mata merah muda

Tak hanya mata merah, manfaat kantong teh bekas untuk mata juga bisa terasa pada penderita mata merah muda. Khususnya teh calendula, chamomile, dan adas.

Baca Juga: Kopi atau Teh Mana Lebih Sehat Bagi Tubuh?

Hal ini biasanya terjadi karena peradangan. Nah, teh yang punya kandungan senyawa anti-bakteri dapat meningkatkan kekebalan mata dan menstabilkan kandungan cairan di mata.

?6. Mata kering

Manfaat kantong teh bekas untuk mata berikutnya adalah mengurangi kekeringan pada mata kering, khususnya jika kamu menggunakan teh hitam dan lavender.

Sementara itu, dikutip dari Kompas.com untuk menggunakan kantong teh untuk mata, seduh dua kantong teh seperti biasanya, seperti akan minum teh. Kemudian, peras cairan dari kantong.  

Biarkan kantong teh dingin atau dinginkan di lemari es selama 10 hingga 20 menit. Setelah itu, tempatkan kantong teh ke mata tertutup selama 15 hingga 30 menit. Kita dapat menggunakan ujung jari untuk memberikan tekanan lembut pada mata atau memijat lembut area di sekitar mata.

Itulah manfaat kantung teh bekas untuk mata beserta cara menggunakannya. Semoga membantu. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga