Jangan Lupa Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur, Ini Manfaatnya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 06 Januari 2022
0 dilihat
Jangan Lupa Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur, Ini Manfaatnya
Dalam sehari, air putih yang wajib dikonsumsi adalah minimal delapan gelas. Foto: Repro shutterstock.com

" Fungsi utama air putih adalah sebagai pelepas haus dan pencegah dehidrasi "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kebutuhan tubuh manusia yang wajib dipenuhi adalah air. Air merupakan zat penting yang menyusun 50% – 60% komposisi tubuh manusia.

Mengutip halodoc.com, air putih adalah zat cair yang terdiri dari molekul hidrogen dan oksigen dan merupakan zat yang sangat dibutuhkan tubuh.

Fungsi utama air putih adalah sebagai pelepas haus dan pencegah dehidrasi. Dalam sehari, air putih yang wajib dikonsumsi adalah minimal delapan gelas.

Di dalam tubuh, air memiliki beragam fungsi, mulai dari melancarkan pencernaan, menjaga keseimbangan suhu tubuh, hingga membantu ginjal untuk membersihkan kotoran dari dalam tubuh.

Pada umumnya, seluruh organ tubuh memerlukan air untuk dapat berfungsi dengan baik. Makanya, setiap orang harus mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih.

Salah satu waktu yang sangat baik untuk minum air putih adalah setelah bangun tidur. Banyak manfaat yang diperoleh ketika rutin minum air di pagi hari.

Melansir alodokter.com, berikut manfaat minum air putih setelah bangun tidur bagi kesehatan:

1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Minum air putih setelah bangun tidur juga diklaim mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran kalori. Beberapa ahli bahkan meyakini bahwa kebiasaan ini dapat membantu menurunkan berat badan.

2. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Salah satu manfaat minum air putih setelah bangun tidur adalah membantu mengeluarkan racun sisa metabolisme di malam hari dari dalam tubuh. Racun tersebut nantinya akan dikeluarkan melalui urine.

3. Meningkatkan produktivitas

Minum air putih setelah bangun tidur dapat meningkatkan energi dan membuat tubuh terasa segar. Dengan begitu, Anda bisa lebih produktif. Namun ingat, Anda juga perlu asupan kalori sebagai sumber tenaga, dengan mengonsumsi makanan yang bergizi saat sarapan.

Baca Juga: Mau Awet Muda? Lakukan 5 Cara Ini Agar Terlihat 10 Tahun Lebih Muda

Selain itu, agar tubuh tetap segar sepanjang hari, penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari. Bila tubuh terhidrasi dengan baik, Anda dapat lebih fokus dan lebih mudah berkonsentrasi, sehingga produktivitas kerja Anda juga akan meningkat.

4. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit

Minum air putih setelah bangun tidur dapat membantu menjaga tubuh dan kulit tetap terhidrasi dengan baik. Bahkan, kebiasaan ini diyakini dapat mencegah munculnya jerawat dan menjaga kulit tetap lembap.

5. Mengendalikan keinginan makan

Setelah bangun tidur, Anda mungkin sering merasa lapar. Hal ini wajar, karena lambung Anda berada dalam keadaan kosong sepanjang malam. Meski begitu, rasa lapar ini dapat mendorong Anda untuk makan terlalu banyak saat sarapan.

Baca Juga: Bahaya, Jangan Ucapkan Ini Pada Penderita Gangguan Mental

Nah, konsumsi air putih setelah bangun tidur dapat membantu Anda mengendalikan keinginan untuk makan berlebihan. Ini karena minum air putih bisa mengisi lambung dan meregang dinding lambung, sehingga memberikan efek kenyang. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga