Jelang Hari Raya Idul Adha Pemerintah Kota Kendari Awasi Kelayakan Hewan Kurban

Mardianto, telisik indonesia
Senin, 03 Juni 2024
0 dilihat
Jelang Hari Raya Idul Adha Pemerintah Kota Kendari Awasi Kelayakan Hewan Kurban
Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Kendari, Santiwati (kiri). Hewan kurban akan diawasi jelang Idul Adha (kanan). Foto: Mardianto/Telisik

" Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Dinas Pertanian Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Kota Kendari, telah menyiapkan agenda persiapan pengawasan hewan kurban "

KENDARI, TELISIK. ID - Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Dinas Pertanian Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Kota Kendari, telah menyiapkan agenda persiapan pengawasan hewan kurban.

Persiapan tersebut merupakan kegiatan rutin setiap tahun menjelang Hari Raya Kurban dalam bentuk pengawasan kesehatan hewan kurban dengan merujuk Permentan Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pengawasan Hewan Kurban.

Pemerintah Kota Kendari akan merealisasikan pengawasan kesehatan hewan kurban secara masif mulai akhir bulan ini sampai menjelang Hari Raya Idul Adha.

Pengawasan ini juga bertujuan untuk mencegah masuk dan menularnya penyakit-penyakit hewan menular yang berbahaya ke Kota Kendari.

"Kami akan mengantisipasi keberadaan penyakit hewan menular strategis (PMHMS) seperti penyakit PMK (Penyakit Mulut dan Kuku), LSD (Lumpy Skin Disease) atau penyakit kulit berbenjol dan antrax," tegas Santiwati, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Kendari, Senin (3/6/2024).

Baca Juga: Penyembelihan Hewan Qurban di UPTD RPH Kendari Terbuka untuk Umum, Asal Memenuhi Syarat ini

Adapun Langkah-langkah yang akan dilakukan oleh pemerintah kota yaitu:

1. Melakukan pemeriksaan kesehatan hewan secara intensif di lokasi-lokasi penampungan dan penjualan hewan kurban yang ada di Kota Kendari.

2. Melakukan monitoring terhadap lokasi (lapak-lapak) penjualan hewan kurban yang tersebar di berbagai wilayah Kota Kendari, termasuk kelengkapan dokumen administrasi yang harus dimiliki oleh penjual hewan kurban, salah satunya SKKH (Surat Keterangan Kesehatan Hewan).

3. Membentuk personel check point di titik-titik perbatasan (menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia).

4. Berkoordinasi pada Bagian Kasra Kota Kendari terkait jumlah hewan kurban di Kota Kendari berbasis masjid.

Dalam pelaksanaan pengawasan hewan kurban, Pemerintah Kota Kendari dalam hal ini Dinas Pertanian Bidang Peternakan dan Keswan juga dibantu oleh berbagai intstansi.

"Dalam pelaksanaan pengawasan hewan kurban, kami dibantu oleh tim terpadu yaitu Dinas Pertanian Kota Kendari, Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Provinsi, Badan Karantina Pertanian dan Persatuan Dokter Hewan Kota Kendari dengan titik posko pengawasan hewan kurban di Dinas Pertanian Kota Kendari," jelas Santiwati.

Baca Juga: 10 Ribu Lebih Stok Hewan Kurban di Kolaka Utara untuk Idul Adha Tahun Ini

Lebih lanjut Santiwati memberi beberapa imbauan dan harapan kepada masyarakat Kota Kendari terkait pengawasan hewan kurban, yaitu agar memilih hewan kurban yang sehat secara fisik, penyembelihan hewan kurban dilakukan sesuai syariat Islam, pemotongan hewan kurban dianjurkan agar dilakukan di RPH.

Apabila dilakukan di luar RPH maka wajib memenuhi ketentuan-ketentuan yang berlaku, masyarakat harus pro aktif melaporkan ke Dinas Pertanian (Bidang Peternakan dan Keswan) apabila ada hal yang ragu dan mencurigakan terhadap hewan kurbannya.

"Lewat langkah-langkah strategis yang kami lakukan harapannya dapat memberikan jaminan keamanan khususnya jaminan kesehatan hewan kurban selama Idul Adha tahun 2024 di Kota Kendari," tutup Santiwati. (C)

Penulis: Mardianto

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga