10 Ribu Lebih Stok Hewan Kurban di Kolaka Utara untuk Idul Adha Tahun Ini

Muh. Risal H, telisik indonesia
Jumat, 24 Mei 2024
0 dilihat
10 Ribu Lebih Stok Hewan Kurban di Kolaka Utara untuk Idul Adha Tahun Ini
Ketersediaan hewan kurban di Kolaka Utara tahun ini mencapai 10.070 ekor. Foto: Muh Risal H/Telisik

" Stok ketersediaan daging hewan kurban di Kabupaten Kolaka Utara untuk memenuhi kebutuhan perayaan Idul Adha 1445 H, tergolong aman dan mencukupi "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Stok ketersediaan daging hewan kurban di Kabupaten Kolaka Utara untuk memenuhi kebutuhan perayaan Idul Adha 1445 H, tergolong aman dan mencukupi.

Menurut Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Kolaka Utara, Ismail Mustafa, saat ini ketersediaan hewan kurban sebanyak 10.070 ekor terdiri atas 4.200 ekor sapi dan 5.870 ekor kambing.

"Berdasarkan data tersebut, insyaallah kebutuhan daging kurban di Kolaka Utara tergolong aman dan mencukupi," ujar Ismail, Jum'at (24/5/2024).

Baca Juga: 755 Peserta Calon Anggota PPS Pilkada 2024 Lolos CAT Bakal Ikut Tes Wawancara, Ini Jadwal dan Lokasinya

Lebih lanjut, Ismail Mustafa menuturkan, pihaknya akan terus mengupdate populasi dan kesehatan ternak untuk kurban tahun ini dengan berkordinasi dengan pemerintah kecamatan dan desa.

Hal ini dilakukan untuk mendeteksi dini pasokan hewan ternak tanpa izin lintas provinsi melalui jalur darat yang sulit dipantau.

Baca Juga: PPP Kolaka Utara Dorong Kader Potensial Maju jadi Balon Wakil Bupati

"Hewan kurban yang dinyatakan sehat dan layak masuk ke Kabupaten Kolaka Utara memiliki surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) dari instansi terkait di kabupaten asal," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Setda Kolaka Utara, Ahmad Sanusi menyatakan, hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan data ril jumlah ternak yang akan di kurbankan.

"Datanya belum ada," jawabnya singkat. (B)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga