Jumlah Pembeli Sapi Kurban Meningkat Meski Harga Naik

Erni Yanti, telisik indonesia
Sabtu, 17 Juni 2023
0 dilihat
Jumlah Pembeli Sapi Kurban Meningkat Meski Harga Naik
Pembeli hewan kurban sedang melihat sapi yang akan dibeli dan melakukan komunikasi jual beli dengan penjual. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Jelang Idul Adha, jumlah pembeli sapi kurban di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara mengalami kenaikan drastis, menghindari lonjakan harga saat hitungan beberapa hari lebaran "

KENDARI, TELISIK.ID - Jelang Idul Adha, jumlah pembeli sapi kurban di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara mengalami kenaikan drastis, menghindari lonjakan harga saat hitungan beberapa hari lebaran.

Di lokasi penjualan sapi kurban, hampir seluruh petak kandang sapi telah memiliki nama dari seorang pembeli dengan kode nomor yang dituliskan oleh penjual.

Menurut penjual sapi kurban, Sulisno mengatakan, beberapa sapi yang baru tiba dari lokasi distributor peternak sapi, sudah banyak dipesan oleh pembeli dengan label nama pembeli di setiap petak kandang.

"Ini sudah ada namanya, tinggal ini yang belum (sambil menunjuk sapi dengan nama pembeli) yang ada namanya sudah ada yang punya, sudah bertuan berarti kalau begini," ujar Sulisino, Sabtu (17/6/2023).

Baca Juga: Niat dan Doa Berkurban saat Idul Adha

Sulisno mengaku, menjual sapi kurban sudah 7 tahun, sejak 2016 sehingga banyak pelanggan yang telah percaya kepadanya soal kualitas dan bobot daging sapi yang dijual.

Dikatakan, untuk harga sapi saat ini mengalami kenaikan menengah, di mana sebelumnya harga standar Rp 11 juta per ekor untuk ukuran kecil, namun saat ini sudah mencapai Rp 13 juta per ekornya.

Di sisi lain, menekan lonjakan harga jelang beberapa hari Idul Adha para pembeli kurban mulai meyerbu penjual sapi, datang dari beberapa kalangan yakni perusahaan, keluarga dan beberapa masjid sudah mulai membeli kurban.

Seorang pembeli sapi kurban, Nursina  mengaku, sudah sering membeli di tempat yang sama dengan harga yang relatif stabil.

Baca Juga: Jelang Idul Adha Permintaan Hewan Kurban di Konawe Melonjak

"Sudah sering saya beli di sini, penjualnya ini saya kenal, kalau harga masih stabil menurut saya, nda tau di tempat lain karena juga saya percaya sama kualitas sapinya," tutur Nursina.

Sementara pembeli sapi yang lain, Kufahir menilai, harga sapi saat ini mengalami kenaikan menengah dan masih bisa dijangkau oleh pembeli.

"Kalau sekarang harga sapi agak sedikit naik, tapikan berbeda-beda tergatung besar kecilnya, tidak tau dekat lebaran mungkin naik atau tidak," ucap Kufahir. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga