Kabar Titip-menitip Calon Anggota KPU di Sulawesi Tenggara Direspon Timsel

Kardin, telisik indonesia
Selasa, 07 Maret 2023
0 dilihat
Kabar Titip-menitip Calon Anggota KPU di Sulawesi Tenggara Direspon Timsel
Timsel memastikan tak ada calon anggota KPU yang khusus atau pun yang khas dalam proses seleksi. Timsel komit lahirkan anggota KPU berintegritas dan kompeten. Foto: Kardin/Telisik

" Masyarakat tampak meragukan timsel yang kini tengah melakukan penjaringan calon anggota KPU "

KENDARI, TELISIK.ID - Menghadapi Pemilu 2024, KPU dituntut memiliki integritas tinggi dalam menjalankan setiap tahapan pemilu, hal itu juga harus ditunjukan oleh tim seleksi (timsel) anggota KPU yang harus melahirkan komisioner tanpa embel-embel sesuatu apapun.

Saat ini timsel sedang melakukan pendaftaran calon anggota KPU di 15 kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara, termasuk di tingkat provinsi untuk periode 2023-2028. Namun, isu titip-menitip calon komisioner pun mulai berhembus di tengah masyarakat.

Masyarakat tampak meragukan timsel yang kini tengah melakukan penjaringan calon anggota KPU. Pasalnya, kepercayaan masyarakat terhadap para penyelenggara pemilu mulai memudar.

Meski demikian, para timsel tetap kekeh jika mereka memiliki integritas yang mampu melahirkan anggota KPU yang mumpuni sesuai kriteria yang telah ditetapkan sesuai peraturan yang berlaku. Penandatanganan pakta integritas mejadi pijakan para timsel.

Menanggapi itu, Ketua timsel Sulawesi Tenggara zona dua yang meliputi Kabupaten Kolaka Utara, Konawe, Konawe Kepuluan, Konawe Selatan dan Konawe Utara, Muhamad Alim Marhadi menegaskan, tidak ada calon anggota KPU yang khusus bagi mereka, semua calon sama di mata timsel.

Baca Juga: Simak Persyaratan Seleksi Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota di Sulawesi Tenggara

"Tidak ada yang khas dan tidak ada yang khusus. Secara pribadi saya tegaskan, saya menjadi timsel yang freelance, bebas. Mau orangnya siapa tidak ada itu, mau titipannya siapa tidak ada," beber Alim Marhadi saat konferensi pers pendaftaran calon anggota KPU kabupaten/kota di aula KPU Sulawesi Tenggara, Senin (6/3/2023) kemarin.

Alim Marhadi yang sudah beberapa kali menjadi timsel calon anggota KPU masih meyakini integritas dirinya untuk dapat melahirkan anggota KPU yang mumpuni ke depan.

"Komitmen saya ke depan melahirkan anggota KPU yang berintegritas dan kompeten," tegasnya.

Sementara, Ketua timsel zona satu yang meliputi Kabupaten Bombana, Buton, Buton Selatan, Buton Tengah dan Buton Utara, Noor Dhani menekankan, semua tahapan yang dilakukan adalah krusial, di mana para calon dituntut keahlian dan integritasnya masing-masing sehingga timsel bisa menilai dengan mudah.

"Jadi tidak ada satu tahapanpun yang tidak krusial," ucapnya.

Baca Juga: 5 Bakal Calon DPD RI Ini Lolos Verifikasi Faktual, KPU Diminta Bekerja Transparan

Sedangkan Sekretaris timsel zona satu, Munsir menegaskan, integritas timsel calon anggota KPU dibuktikan oleh penandatanganan pakta integritas.

"Saya kira itu jawaban yang tepat," ujar Munsir.

Untuk diketahui, timsel telah membuka pendaftaran calon anggota KPU untuk 15 kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara mulai 6 Maret hingga 17 Maret 2023 pukul 23:59 Wita. (A)

Penulis: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga