5 Bakal Calon DPD RI Ini Lolos Verifikasi Faktual, KPU Diminta Bekerja Transparan

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Selasa, 07 Maret 2023
0 dilihat
5 Bakal Calon DPD RI Ini Lolos Verifikasi Faktual, KPU Diminta Bekerja Transparan
Tim penghubung bakal calon DPD RI perwakilan Sumatera Utara ketika menghadiri rekapitulasi hasil verifikasi faktual yang pertama. Foto: Dok. Tim bakal calon DPD RI, Andi Junianto Barus

" Sebanyak 21 bakal calon DPD RI perwakilan Sumatera Utara dinyatakan belum memenuhi syarat dalam tahapan verifikasi faktual yang digelar oleh KPU setempat "

MEDAN, TELISIK.ID - Sebanyak 21 bakal calon DPD RI perwakilan Sumatera Utara dinyatakan belum memenuhi syarat dalam tahapan verifikasi faktual yang digelar oleh KPU setempat.

Hal itu ditegaskan oleh Kepala Divisi Teknis dan Penyelenggara KPU Sumatera Utara, Batara Manurung ketika dikonfirmasi awak media di kantornya, Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan, Senin (6/3/2023).

"Dari 26 itu, ada 21 yang belum memenuhi syarat atau BMS. Sedangkan 5 lainnya dinyatakan telah memenuhi syarat dan akan mengikuti tahapan verifikasi faktual ke dua," ungkapnya.

Baca Juga: Surya Paloh Temui Prabowo, Pengamat Sebut Cegah Koalisi Gerindra dan PDIP

Untuk yang belum memenuhi syarat, KPU Sumatera Utara memberikan ruang dan waktu untuk dilakukan perbaikan selama 10 hari atau sejak 2-11 Maret 2023.

"Nantinya, syarat dukungan bakal calon DPD ini akan diverifikasi lagi. Jika syarat dukungan sudah mencukupi, maka bakal calon itu bisa mengikuti tahapan selanjutnya yaitu verifikasi faktual ke dua. Sedangkan yang tidak memenuhi syarat dukungan, pastinya tidak bisa mengikuti tahapan selanjutnya," tambahnya.

Sampai saat ini, tim KPU kabupaten dan kota di Sumatera Utara masih mengumpulkan syarat dukungan bakal calon DPD yang belum memenuhi syarat.

"Nantinya, syarat dukungan dari bakal calon. Itu akan diverifikasi kembali oleh KPU kabupaten dan kota," ungkapnya.

Terpisah, Ridwan Saragih tim penghubung bakal calon DPD, Andi Junianto Barus ketika dikonfirmasi mengaku, syarat dukungan fotocopy KTP yang mereka miliki masih kurang.

Baca Juga: PDIP Ajak Koalisi PPP Hadapi Pemilu 2024

"Tapi kami terus berusaha untuk memenuhi syarat dukungan itu. Seluruh tim pemenangan sudah bergerak di beberapa daerah yang menjadi basis suara yang benar-benar mendukung calon kami ini," ungkapnya melalui seluler.

Adapun daerah itu di antaranya Kota Medan, Kabupaten Asahan dan daerah lainnya. Mereka juga meminta agar tim penyelenggara untuk melakukan verifikasi administrasi dengan baik dan benar.

"Harapan kita, dalam proses ini harus benar benar transparan dan KPU bekerja dengan profesional dalam melakukan verifikasi faktual. Jangan sampai syarat dukungan bakal calon yang harusnya memenuhi syarat menjadi belum memenuhi syarat," terangnya. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga