Kabupaten Muna Masuk Zona Merah Rawan Pilkada

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 03 September 2020
0 dilihat
Kabupaten Muna Masuk Zona Merah Rawan Pilkada
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sultra, Parinringi. Foto: Ist.

" Berdasarkan pengalaman kemarin di Muna itu terjadi pemungutan suara ulang beberapa kali, pembakaran kendaraan, rumah dan sebagainya. Maka Muna masuk zona merah. "

KENDARI, TELISIK.ID - Semua daerah di Sultra yang akan menggelar Pilkada serentak 2020 masuk kategori rawan. Namun, Kabupaten Muna menjadi daerah yang tingkat kerawanan masuk zona merah.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sultra, Parinringi mengatakan, hasil pemantauan yang dilakukan, pihaknya menyimpulkan bahwa tujuh daerah di Sultra yang bakal menggelar Pilkada rawan terjadi gejolak.

"Semua rawan karena pasti ada gejolak dan ada kepentingan di setiap daerah Pilkada," katanya belum lama ini.

Hanya saja, kata dia, berdasarkan pengalaman pemilu sebelumnya, Kabupaten Muna menjadi daerah yang masuk zona merah tingkat kerawanannya. Sedangkan daerah lainya memang rawan tapi tidak sampai zona merah.

Baca juga: Besok SBM Mendaftar di KPU

"Berdasarkan pengalaman kemarin di Muna itu terjadi pemungutan suara ulang beberapa kali, pembakaran kendaraan, rumah dan sebagainya. Maka Muna masuk zona merah," ujarnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya gesekan, pihaknya melakukan pengontrolan dan pemantauan, bahkan saat pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah.

"Kita akan terus melakukan koordinasi dengan pihak Kesbangpol daerah, Polres setempat, Dandim serta tokoh masyarakat dan agama termasuk mengumpulkan stakeholder terkait untuk mengantisipasi," jelasnya.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambal

TAG:
Baca Juga